Kesehatan

5 Hal penyebab datangnya demam ketika Malam

(m.merdeka.com/sehat)-Demam, salah satu gejala yang dialami orang ketika mereka akan terkena flu, atau ketika sistem kekebalan tubuh terganggu. Demam bisa jadi salah satu tanda adanya infeksi. Namun, bagaimana jika demam hanya terjadi di malam hari?

 

Kondisi demam itu hal yang biasa dialami orang ketika akan kena flu atau saat sistem kekebalan tubuh terganggu. Kadang demam hanya terjadi malam hari. Kondisi ini bisa dialami siapa saja. Pada siang hari, seseorang merasa segar bugar namun tiba2 demam di malam hari.

 

Selain tak sehat, demam malam hari sering mengganggu tidur sehingga seseorang merasa lelah di pagi hari. Lantas, apa yang menyebabkan demam di malam hari? Berikut hal2 yang berkemungkinan menyebabkan demam di malam hari, seperti dilansir oleh Boldsky.

 

1-Pirogen dari Luar

Pirogen, produk bakteri yang bisa datang dari luar tubuh dan masuk ke tubuh. Pirogen bisa menyebabkan demam tinggi namun hanya malam hari. Pirogen bisa memproduksi racun yang berbahaya untuk kesehatan.

 

Ketika masuk ke dalam tubuh, pirogen dari luar membuat tubuh memproduksi pirogen sendiri. Hal inilah yang menyebabkan kondisi demam pada tubuh. Kebanyakan demam yang terjadi malam hari disebabkan oleh pirogen ini.

 

2-Infeksi Saluran Pernafasan Atas

Pilek dan infeksi saluran pernapasan sering memiliki gejala seperti demam di malam hari. Kadang, demam di malam hari hanya disebabkan pilek biasa. Namun bisa jadi demam malam hari juga disebabkan infeksi saluran pernapasan seperti laring, trakea, bronkitis, atau lainnya.

 

Cara mengenali itu demam biasa atau ada infeksi saluran pernapasan atas, dengan melihat lamanya demam. Pilek biasa akan menyebabkan demam yang bertahan hanya beberapa hari, sedang infeksi lain bisa bertahan lebih lama bergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

 

3-Infeksi Saluran Kemih

Demam bisa terjadi ketika kita kena infeksi saluran kemih. Ini ditandai rasa sakit pada saluran kemih dan ada racun yang menyebabkan demam. Jika demam malam hari disebabkan infeksi saluran kemih, kita harus memeriksakan ke dokter. Demam karena infeksi saluran kemih tak bisa embuh begitu saja, tetapi harus diperiksa dan disembuhkan dengan obat2an tertentu.

 

4-Infeksi Kulit

Dalam banyak kasus, demam di malam hari bisa disebabkan infeksi kulit. Banyak infeksi bisa terjadi pada kulit dan bisa mengganggu kesehatan. Infeksi pada kulit, misal dari luka dll biasanya jadi penyebab demam kebanyakan orang. Jika kita mengalaminya, segera periksakan, agar infeksi diobati dan tidak makin parah.

 

5-Peradangan

Ketika terjadi peradangan di tubuh, biasanya kita mengalami demam. Peradangan sebagai reaksi alergi pada obat atau lainnya. Jika ini terjadi, biasanya mengalami demam hanya di malam hari. Bisa jadi peradangan disebabkan oleh alergi biasa dan bukan obat.

 

Jika mengalami demam di malam hari, kenali gejala2 yang menyertai. Periksakan diri segera jika kita  demam yang kita alami tak kunjung sembuh. (Mdk/RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/5-hal-yang-menyebabkan-datangnya-demam-ketika-malam-hari.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close