Wisata dan Kuliner

Hotel Punya Museum di Bandung

(detikTravel Community)-Bandung punya banyak sudut cantik tidak ada habisnya. Salah satunya adalah berwisata sejarah di Hotel ini.

 

Sebagai hotel tertua di kota Bandung, Hotel Prama Grand Preanger ini saksi bisu perjalanan peristiwa sejarah di Bandung. Kisah sejarah itu dapat dinikmati di Museum Preanger di lantai dasar hotel.

Kisah sejarah hotel ini panjang. Mulai dibangun pada (1897) oleh W.H.C Van Deeterkom di atas tanah bekas toko yang menyediakan kebutuhan para pemilik perkebunan.

 

Hotel ini direnovasi dan didesain ulang pada (1929) oleh Prof, Charles Prosper Wolf Schoemaker dibantu oleh Ir. Soekarno yang kelak jadi Presiden RI. Ketika diadakan Konferensi AA tahun 1955 di kota Bandung, hotel ini sebagai tempat menginap tamu VIP dan kepala negara.

 

Selain tamu2 negara, ternyata tokoh2 terkenal dunia pun sempat menginap di hotel ini ketika singgah di kota Bandung. Charlie Chaplin dan Amelia Earhart tercatat pernah menginap di hotel ini. Untuk berkunjung ke museum Preanger, traveler tidak perlu harus menginap di hotel ini.

 

Cukup lapor ke receptionist, dan menunggu sebentar, akan ada petugas yang menemani ke museum. Museum Preanger sendiri terletak di lantai dasar hotel. Museum nya tidak terlalu besar dan luas, namun kisah sejarah yang tersimpan di dalam museum itu sungguh sangat bernilai.

 

Di dalam museum kita akan menjumpai proyektor film kuno yang ukurannya sangat besar. Sementara di sisi lai museum terdapat informasi mengenai komedian Charlie Chaplin dan Amelia Earheart yang pernah menginap di hotel ini.

 

Selain itu terdapat benda2 kuno yang pernah dipergunakan di hotel ini pada zaman dahulu. Sementara di sisi lain ruangan terdapat foto-foto hotel Preanger pada jaman dahulu, beserta profil dan karya-karya dari arsitek yang mendesain ulang hotel ini, Prof, Charles Prosper Wolf Schoemaker.

 

Sesaat sebelum pulang, saya cukup tertarik dengan lift model lama dengan model pintu geser. Rupanya ini adalah lift model lama yang pernah dipergunakan hotel ini pada masa lalu, dan tetap dilestarikan sesuai dengan bentuk aslinya. Hanya sayangnya sudah tidak berfungsi lagi.

 

Tidak ketinggalan, di museum Preanger ini juga terdapat souvenir menarik yang bisa dibeli sebagai kenang-kenangan.  (Nfadils; Bahan dari : https://travel.detik.com/dtravelers_stories/u-4332273/hotel-di-bandung-yang-punya-museum-sudah-tahu)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close