Wisata dan Kuliner

Payung Geulis Tasikmalaya Primadona Di Moskow

(gayahidup.republika.co.id)-MOSKOW; Anjungan Jabar dalam Festival Indonesia 2019 di Krasnaya Presnya sukses mencuri perhatian warga Moskow, Rusia. Salah satu yang menyita perhatian warga adalah ialah Payung Geulis Tasikmalaya.

 

Biro Humas dan Protokol Setda Prop Jabar dalam siaran persnya, (6/8/2019) menyatakan produk2 tradisional Jabar turut hadir dalam Festival Indonesia 2019 yang digelar Jumat (2/8/2019) hingga Minggu (4/8/2019) waktu setempat itu.

 

Salah satu warga Rusia Vasily (48), sangat puas karena memboyong 2 payung geulis tradisional Tasikmalaya. “Payung ini cantik dan indah sekali, saya bawa pulang satu lagi. Istri saya pasti suka,” kata dia. Festival yang bertema Visit Wonderful Indonesia: Enjoy Our Tropical Paradise ini menampilkan pameran produk2 Indonesia, seperti kopi, pakaian, aksesori, kuliner nusantara, dan kerajinan.

 

Pagelaran2 seni dan budaya dari daera2 Indonesia juga digelar, lagu, tarian, dan permainan alat musik, termasuk gamelan dan wayang kulit. Festival Indonesia 2019 ini didukung Kemenlu serta Kemenpar Indonesia, Pemkot Moskow, Taman Krasnaya Presnya, dan lembaga2 pemerintah, swasta dari Indonesia dan Rusia.

 

Menurut Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil, antusiasme warga Moskow luar biasa. “Bahkan ada warga Moskow 3 hari ber-turut2 hadir di anjungan Jabar. Mudah2an makin menambah motivasi dan kecintaan kita pada produk kerajinan Jabar” ujarnya usai penutupan Festival Indonesia 2019 (4/8/2019).

 

Antusiasme ini selain karena beragamnya produk2 yang ditawarkan, juga karena Dekranasda Provinsi Jawa Barat membagi-bagikan suvenir menarik secara gratis, di antaranya payung geulis, pouch batik, serta beragam gantungan kunci khas Jawa Barat.

 

Payung geulis paling mendapat perhatian masyarakat di sana. Produk khas dari Tasikmalaya ini menjadi rebutan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Payung warna-warni ini juga menjadi ornamen utama dari gerbang Anjungan Jawa Barat sehingga menjadi ikon tersendiri di Festival Indonesia 2019 ini.

 

(Rep: ayo bandung/ Red: ayo bandung; Bahan dari : https://gayahidup.republika.co.id/berita/pvuiyu18000/payung-geulis-tasikmalaya-jadi-primadona-di-moskow)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close