Kesehatan

Nutrisi ini Bisa Bantu Kita Kontrol Kadar Gula

(m.merdeka.com)- Bagi penderita diabetes atau kelebihan zat gula darah, pola dan jenis makan itu salah satu faktor penting. Pasalnya, makin banyak makanan dengan kandungan zat tepung dan zat gula yang tinggi.

 

Banyaknya jenis makanan ini membuat seseorang kadang tidak menyadari mengonsumsi makanan tinggi gula. Alhasil, kadar gula darah meningkat yang dapat meningkatkan risiko diabetes (DM). Penyakit DM dianggap sebagai penyakit silent killer. DM tidak langsung membunuh secara cepat seperti penyakit kanker. Namun efek buruknya merusak tubuh perlahan.

 

Selain mengurangi makanan tinggi zat gula dan zat tepung serta mengatur pola makan dengan benar, ada satu lagi senjata alami mengatasi DM. Menurut penelitian2, duo zat biotin dan kromium pikolinate mampu mengontrol kadar gula darah dan dapat menjadi salah satu jalan keluar dari diabetes ini.

 

Biotin itu vitamin B yang larut dalam air atau yang biasa disebut dengan vitamin H. Biotin berfungsi membantu metabolisme protein, asam lemak, leusin, dan karbohidrat yang nantinya diubah jadi energi. Selain hal2 itu, biotin juga berfungsi dalam proses glukoneogenesis dalam pembentukan glukosa. Makanan yang mengandung biotin antara lain cokelat, wortel, stroberi, sayuran hijau, dan gandum.

 

Sedangkan kromium pikolinate adalah zat alami yang berperan dalam menjaga fungsi normal hormon insulin dalam proses metabolisme. Jenis makanan yang mengandung kromium yaitu brokoli, kacang polong, kentang, apel, dan daging sapi.

 

Walau bermanfaat, penting ber-hati2 mengonsumsi kromium. Disarankan untuk mengonsumsi kromium hanya 200mg per hari. Jika terlalu banyak mengonsumsi kromium, maka bisa menyebabkan sulit buang air kecil, mimisan, hingga insomnia. (mdk; RWP; Rizky Wahyu Permana; Bahan dari : https://m.merdeka.com/sehat/2-nutrisi-ini-bisa-bantu-kamu-kontrol-kadar-gula-darah.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close