Iptek dan Lingk. Hidup

Bukalapak Bikin Pusat Riset Kecerdasan Buatan di ITB

(tekno.tempo.co)-BANDUNG; Bukalapak membuka pusat riset di kampus ITB Jalan Ganesha. Salah seorang pendirinya, Achmad Zaky, mengatakan pusat riset itu bisa dipakai civitas akademika ITB.

 

“Outputnya mahasiswa atau civitas akademika banyak yang riset artificial intellegent (AI)” katanya seusai kuliah umum di Aula Barat ITB, (1/2/2019). Menurutnya, Bukalapak menyiapkan insfrastruktur, tempat dan data, serta server. Jika ada riset yang berhubungan dengan Bukalapak,bisa dipakai kalau dinilai bagus bakal dibiayai. Soal investasi untuk pusat riset itu, Zaky enggan mengungkap angkanya.

 

Zaky mengatakan big data Bukalapak yang diberikan untuk pusat riset itu hanya satu persen. “Dan di acak datanya, bukan data customer yang utuh. Namun secara utuh dan model menggambarkan bisnis aslinya,” ujar Zaky.

 

Kebutuhan kecerdasan buatan di Bukalapak, seperti untuk efisiensi server dan kebutuhan lain. Sistem itu juga nantinya bisa menawarkan kebutuhan pengguna aplikasi, dari sebelumnya sibuk mencari barang.

 

ITB meresmikan Pusat-Inovasi Artificial Intelligent (AI) dan Cloud kerja sama dengan e-commerce Bukalapak. Sejalan dengan tujuan ITB jadi Entrepreneurial University, Jumat 1/2/19, ITB menjalin kerja sama dengan Bukalapak untuk membuka laboratorium riset dan cloud di ITB yang disebut Pusat-Inovasi.

 

Rektor ITB Kadarsah Suryadi mengatakan ITB bukan hanya untuk ITB, tapi juga untuk industri berbasis inovasi bidang teknologi informasi seperti Bukalapak. “Kerja sama ini semoga berdampak positif bagi pembangunan bangsa di bidang teknologi dan inovasi kewirausahaan,” kata Kadarsah.

 

Hadirnya Lab ini diharapkan mampu mempercepat riset dan pengembangan AI dan cloud serta bidang2 yang beririsan agar diterapkan secara nyata. Wadah itu menampung peneliti berkolaborasi menghasilkan penemuan pengetahuan baru hasil proses analisis data, teknologi AI, cloud, dan Internet of Things (IoT).

 

Pusat-Inovasi AI dan cloud ini dapat diakses dan terbuka bagi civitas akademika ITB. (Reporter: Anwar Siswadi (Kontributor); Editor: Erwin Prima; Bahan : https://tekno.tempo.co/read/1171389/bukalapak-bikin-pusat-riset-kecerdasan-buatan-di-itb)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close