Iptek dan Lingk. Hidup

Pesawat Supersonik Sukses Diuji Coba

(news.detik.com)-BEIJING; Otoritas China mengklaim sukses menguji coba pesawat hipersonik pertama. Pesawat Hipersonik ini disebut bisa membawa hulu ledak nuklir dan mampu menghindari sistem pertahanan rudal apapun.

Seperti dilansir Press TV, (8/8/2018), pesawat hipersonik atau waverider ‘Starry Sky-2’ diuji coba untuk pertama kalinya oleh otoritas China pada Jumat (3/8/20). Pesawat hipersonik biasanya berkecepatan lima kali lipat lebih cepat dari kecepatan rambat suara di udara.

Dilaporkan Akademi Dirgantara Aerodinamika China (CAAA), Starry Sky-2 dilepaskan ke udara sekitar 10 menit di wilayah China bagian barat laut. Pesawat hipersonik ini berhasil mencapai ketinggian 30 Km pada kecepatan maksimum Mach 6, setara enam kali kecepatan suara.

 

Selama mengudara secara independen, pesawat hipersonik itu melakukan sejumlah putaran dan gerakan lain, sebelum mendarat di area yang ditetapkan. CAAA menyebut uji coba itu ‘sukses total’. “Proyek uji coba penerbangan Starry Sky-2 ini inovatif dan sulit secara teknis, menghadapi sejumlah tantangan teknis internasional terdepan,” sebut CAAA dalam pernyataannya.

“Penguji penerbangan ini mudah dikendalikan dan data ilmiahnya valid. Pemulihan roket secara penuh menandai penyelesaian sukses dari uji coba Star-2, menandai prestasi ‘waverider China pertama’,” ujar CAAA.

 

Beberapa tahun ini, banyak negara berlomba mengembangkan senjata hipersonik. Baik AS dan Rusia telah menliti dan uji coba waverider sejak tahun 2010.

Awal 2020 Rusia mengklaim sukses menguji coba rudal hipersonik pertama. Rusia merilis sejumlah video yang menunjukkan persenjataan itu. AS yang bertahun-tahun terus bereksperimen dengan pesawat hipersonik tanpa awak, telah sukses menguji coba waverider Boeing X-51 antara tahun 2010 dan 2013.

Tahun 2015, Angkatan Udara AS mengumumkan tujuan mereka mengembangkan senjata terbang tanpa awak yang bisa mengudara dengan kecepatan lima kali lipat dari kecepatan suara. Tujuan itu ditetapkan AS untuk dicapai tahun 2023.

 

(bvc;ita;Novi Christiastuti;  Bahan dari : https://news.detik.com/internasional/d-4156624/china-sukses-uji-coba-pesawat-supersonik-pertama)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close