Iptek dan Lingk. Hidup

Satelit Nusantara butuh 5 Minggu untuk digunakan

(autotekno.sindonews.com)-JAKARTA; Pasifik Satelit Nusantara (PSN) baru saja meluncurkan Satelit Nusantara Satu di Cape Canaveral, Florida, AS.

Satelit broadband pertama di Indonesia berteknologi High Throughput Satellite (HTS) ini menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX menuju slot orbit 146 BT tepat di atas Papua, Indonesia dan bergerak bersamaan dengan rotasi bumi.

Setelah meluncur, tak lantas membuat satelit ini bisa digunakan. Direktur Jaringan PSN, Heru Dwikartono, mengatakan butuh 5 minggu untuk satelit itu benar2 bisa beroperasi.

 

“Satelit sampai diorbitnya kurang lebih 2 minggu, lalu tiga minggu setelah sampai di orbit. dilakukan In Orbit Test (IOT)” jelasnya saat press conference peluncuran Satelit Nusantara Satu, di Jakarta (22/2/19)

Beberapa tes perlu dilakukan untuk memastikan tidak ada kerusakan pada Satelit ini saat dalam perjalanan ke luar angkasa.

“Kita mau tes dulu kita make sure performance sesudah diatas, sama ngga sama performance saat tes di bawah. Kan gaatau pas peluncuran itu gimana, gemetar, kena guncangan , kena perubahan temperatur sangat tinggi,” ungkapnya

 

Namun Heru memastikan kecil kemungkinan kegagalan mengorbit yang disebabkan karena kerusakan di satelit ini.

“Resikonya sangat kecil sekali, karena peluncuran sudah sukses, semua stage sudah dilalui, satelit melayang mengikuti nature nya orbit benda diangkasa,” pungkasnya. (wbs; Wahyu Budi Santoso;  Bahan dari : https://autotekno.sindonews.com/read/1381132/124/satelit-nusantara-satu-butuh-waktu-5-minggu-untuk-digunakan-1550835119)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close