Iptek dan Lingk. Hidup

Tekno terbaru Dual Layar Mesin EDC Kode QR

(cnnindonesia.com)-JAKARTA,  Era digital mendorong kebiasaan orang jadi berubah. Smartphone bak pasangan yang tak bisa lepas. Kebiasaan serba digital ini berpengaruh aktifitas se-hari: Misal Belanja dan transaksi pembayaran.

Jika sebelumnya cara pembayaran rata2 pakai electronic data capture (EDC), kini mulai booming bayar pakai Quick Response Code (QR Code). Keuntungannya, pengguna tak perlu repot pakai kartu dari dompet. Cukup smartphone dalam genggaman, pembayaran pun tetap bisa terjadi.


Dompet2 digital menyiapkan metode pembayaran dengan QR Code. Banyak Resto mulai memajang sticker QR Code dompet digital dengan potongan harga puluhan persen. Sebut saja Ovo, Gopay dan Dana yang akhir2 ini masif berpromosi pembayaran QR Code melalui dompet digital mereka.


Sayangnya, tampilan kasir para toko dipenuhi sticker2 QR Code berbeda. Masing2 dompet digital memiliki QR Code. Melihat potensi dan kesempatan ini, COO PT TSM Riswanto mengungkap perusahaannya berinovasi mesin EDC. Yaitu EDC dengan konsep dual layar untuk QR Code.


“Jika EDC biasanya memiliki satu layar. Kami buat dua layar, ada bagian yang menghadap ke kasir dan konsumen. Sehingga keamanan ketika bayar lebih terjamin karena tak perlu lagi memutar EDC ketika mau membayar. Dual screen yang ke konsumen pun menampilkan QR Code,” paparnya di Barcelona.

Lantas apa bedany? Mesin EDC ini beda dengan mesin lama. Pasalnya, di EDC dual layar disematkan cipset Qualcomm Snapdragon 210 dengan platform Android. Sehingga, EDC bisa disematkan aplikasi dompet digital. EDC ini mempermudah merchant agar tak perlu Pasang banyak sticker di depan kasir.

Ketika konsumen mau melakukan pembayaran, Riswanto mengklaim akan lebih aman karena tak perlu membolak-balik EDC. Baik kasir dan konsumen, masing-masing memiliki sisi untuk melakukan transaksi.

EDC buatan lokal dari Tsm berteknologi Android QREDCC dual screen. EDC sudah support NFC dengan camera 2 MP. Dengan platform Android di dalamnya, merchant bisa menambah-mengurangi aplikasi dompet digital sesuai rekanan. (age/age; Bahan dari  :  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190311183737-185-376286/teknologi-terbaru-dual-layar-mesin-edc-untuk-kode-qr)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close