Kesehatan

DNA Itu apa Sih

(health.detik.com)-JAKARTA; Istilah DNA tengah jadi perbincangan karena ada tokoh Nasional punya DNA tiga tokoh bangsa yakni Sukarno, Hatta, dan Bung Tomo.

“Beliau mengambil 3 DNA yang hebat2. DNA Bung Karno, Bung Hatta, dan Bung Tomo”. Gabungan DNA dari tiga orang ini seperti fiksi ilmiah dan mengesankan beliau hasil modifikasi genetik. “DNA itu harus keturunan langsung” kata salah seorang komentator seperti diberitakan detikcom.

Terlepas dari kehebohan tersebut, sebenarnya apa sih yang disebut DNA itu? Dikutip dari Livescience, DNA (Deoxyribonucleic acid atau Asam Deoksiribo Nukleat) itu molekul kompleks yang mengandung info dan instruksi yang dibutuhkan makhluk hidup untuk tumbuh dan berkembang. Info ini ada dalam setiap sel, dan diwariskan pada keturunan berikutnya.

DNA pertama kali ditemukan ilmiwan biokimi asal Jerman, Frederich Miescher (1869). Namun selama ber-tahun2, tidak ada yang menyadari pentingnya molekul tersebut.

Hingga pada 1953, James Watson, Francis Crick, Maurice Wilkins, dan Rosalind Franklin menemukan struktur DNA double helix. Sejak itu, DNA diyakini membawa informasi biologis. Watson, Crick, Wilkins, dan Franklin mendapat Nobel kedokteran pada 1962 atas temuan ini.

Di dalam tubuh, molekul DNA memiliki struktur panjang. Karenanya, DNA membentuk formasi yang disebut kromosom. Tiap kromosom memiliki satu molekul DNA. Manusia memiliki 23 pasang kromosom atau 46 kromosom tunggal dan terdapat di nukleus atau inti sel.

Informasi yang terkandung dalam DNA juga dimanfaatkan mengetahui kerentanan pada penyakit tertentu. Tes DNA misalnya, ntuk mengetahui sifat pembawa pada berbagai kelainan atau mutasi genetik yang berhubungan dengan penyakit. (up/ask; AN Uyung Pramudiarja; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4504936/dikait-kaitkan-dengan-prabowo-dan-3-tokoh-bangsa-dna-itu-apa-sih?tag_from=wpm_nhl_27)-FatchurR *