Kesehatan

Lima makanan-Minuman Yang Perlu Dihindari Saat Perut Kosong

(health.detik.com)-JAKARTA; Makanan yang harus dihindari saat Perut Kosong ketika kita di-kejar2 oleh aktivitas padat, pasti kita melewatkan sarapan. Lalu lupa makan siang hingga matahari tenggelam.

Kebiasaan membiarkan Perut Kosong seperti ni tentu tidak baik bila dilakukan terus menerus. Karena, akan terjadi kerusakan pada organ tubuh yaitu lambung.

Setelah kerusakan terjadi maka muncul penyakit, seperti maag. Cobalah membuang jauh kebiasaan membiarkan perut kosong. Hal lain yang perlu diketahui; jangan pernah mengonsumsi makanan-minuman ini saat perut kosong. Dikutip dari Life Hack, berikut 5 makanan-minuman yang tidak boleh dimakan saat perut kosong.

 

Tomat

Meski kandungan nutrisi dan jumlah vitamin C nya tinggi, tomat mengandung asam tannic yang mampu meningkatkan keasaman di perut. Jika dikonsumsi saat perut kosong, maka akan menyebabkan luka pada lambung. Sebaiknya konsumsi tomat saat sudah ada asupan karbohidrat dalam lambung.

 

Yoghurt

Yoghurt itu produk yang dibuat dari susu melalui proses fermentasi bakteri asam laktat, Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Yoghurt baik untuk kesehatan, terutama menjaga keasaman lambung dan dapat menekan pertumbuhan bakteri patogen di usus.

Tapi, yoghurt tidak setiap saat bisa dikonsumsi. Hindari mengonsumsi ini saat perut kosong. Karena, tingkat asam lambung yang tinggi ditambah konsumsi makanan ini bisa membuat organ terganggu.

 

Gula Olahan

Kebanyakan kita tahu konsumsi gula secara berlebih tidak baik. Produk gula olahan berefek buruk yang sama jika dikonsumi terus menerus. Sebut saja sirup, soda hingga pemanis buatan lain. Produk olahan yang dibuat dari gula ini tidak baik dikonsumsi bila perut sedang kosong. Isi perut terlebih dahulu dengan air putih dan makan sarapan yang bergizi.

 

Pisang

Pisang, salah satu panganan diet yang utama. Selain mampu membantu menyembuhkan sembelit, sejumlah peneliti menyebut buah ini makanan yang super hebat. Tetapi, pisang mengandung banyak magnesium dan potassium lho detikers, yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan kadar magnesium dan kalium dalam darah jika memakannya saat perut kosong.

 

Kopi

Minum kopi saat perut kosong dapat meningkatkan keasaman dan bisa memicu sakit maag hingga gangguan pencernaan sepanjang hari. Minum kopi sebelum jam 09.30 pagi bukan waktu yang baik, apalagi saat baru bangun tidur.

Ilmuwan2 menemukan tubuh menghasilkan hormon2 stres kortisol lebih tinggi, yang membantu tetap berenergi antara pukul 08.00-09.00 pagi. Dengan minum kopi sebelum atau selama jam itu, kafein akan mengurangi produksi kortisol di pagi hari. Jadi bagi kebanyakan orang, waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah jam 09.30 pagi.

 

(up/up; Ayunda Septiani; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4483251/5-makanan-dan-minuman-ini-harus-kamu-hindari-saat-perut-kosong?_ga=2.228669914.757586211.1553723489-623937103.1510206277)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close