Wisata dan Kuliner

Makanan Enak Khas Pandeglang

(bantentribun.id)-PANDEGLANG; Kini kota itu menjelma jadi destinasi wisata alternatif bagi warga ibukota. Hal itu terbukti dengan tingginya minat warga DKI yang berkunjung setiap minggunya.

 

Indikasinya sederhana, tingkat kemacetan tinggi tiap akhir pekan dan dominasi mobil plat B, bukti bila Pandeglang kerap jadi alternatif liburan selain Puncak dan Bandung. Kita paham, bila berwisata itu selain cari spot2 wisata menarik seperti pantai, air tejun atau pulau2 terpencil alami, juga cari makanan2 enak yang memanjakan lidah atau wisata kuliner.

 

Nah, bagi anda yang mejadikan kota dengan logo badak itu sebagai destinasi wisata kuliner, tak ada salahnya mencoba makanan2 enak khas dari kota di ujung barat pulau jawa itu.

 

Angeun Lada

Makanan enak ini jadi menu wajib yang banyak tersaji di tempat makan favorit di Pandeglang, rasanya khas full rempah bikin nafsu makan makin bertambah. Soal isi angeun yang pedas itu lebih fleksibel, tapi umumnya rebung jadi isian wajib selain ikan, daging sapi, daging kerbau atau jeroan.

 

Dua warung makan di Pandeglang yang menyajikan menu makanan enak itu Warung Cep Udin di dekat Lapangan Sukarela Pandeglang dan Rumah Makan Mr. Black di Cigadung Jl. Raya AMD Lintas Timur.

 

Banyak warung makan lain di Pandeglang yang menyajikan Angeun Lada sebagai menu makanan enak unggulan. Namun kedua warung makan itu (Mr. Black dan Cep Udin) lebih mudah di jangkau karena letaknya di pinggir jalan.

 

Pais Solempat

Pais / Pepes Solempat jadi menu makanan enak lain yang perlu dicoba bila ke Pandeglang. Pais solempat ini makanan asal dari daun solempat semacam daun dari famili talas2an dari genus colacasia.Daun solempat yang bisa dibikin pais / pepes biasanya daun solempat yang maish muda.

 

Cara membuat pais solempat mudah, tinggal mencampur daun solempat muda dengan irisan telur, tahu cincang, nasi atau boleh juga irisan ati ampela, bungkus dengan daun pisang dan kukus. Tunggu hingga matang dan rasakan sensasi nikmatnya.

 

Sayangnya meski nikmat, menu yang satu ini sudah jarang ditemui di Pandeglang. Tak banyak Warung yang menyajikan Pais Solempat. Bila ada berarti anda sedang beruntung.

 

Bubur Sop Labuan

Bubur Sop Labuan tak banyak dikenal orang dibanding Bubur Ayam Cianjur atau Cirebon. Soal rasa dan keunikan, bubur ini boleh di adu. Bubur Sop Labuan menggunakan suwiran ikan pindang goreng, pilus cukur dan terasi sebagai toping tambahan.

 

Beda dengan jenis bubur di Pandeglang, bubur ini dicampur oleh banyak sayuran seperti Kkol, Wortel, Buncis, Tomat dan Daun Bawang. Kaldu kuahnya juga berbeda dengan bubur yang lain, sebab kuah bubur ini berasal dari Kaldu Ikan Pindang.

 

Buat yang penasaran, Bubur Sop Labuan banyak tersaji di tempat2 di Kecamatan Labuan dan Carita seperti di Kampung Sawah, Kampung Masjid, di Cigondang dan lainnya. Oh ya, Bubur ini banyak diburu oleh warga setempat sebagai makanan pembuka di bulan puasa.

 

Makanan enak nan murah

Selain ketiga makanan enak itu, di Pandeglang ada makanan lain yang tak kalah lezat seperti Apem Mandalawangi, Balok Menes, Jojorong dan lain-lain, namun menurut penilaian BantenTribun menu-menu itu sudah banyak yang mengulas. (Aji; Bahan dari : https://bantentribun.id/makanan-enak-khas-pandeglang/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close