Wisata dan Kuliner

Cara Produksi Wajit Cililin Yang Lembut-Legit

(food.detik.com)-BANDUNG BARAT; Kecamatan Cililin dikenal sebagai sentra peroduksi wajit di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Tidak lengkap, bila datang ke tempat ini tanpa beli wajit sebagai buah tangan.

Tangan Ovan (29) tangkas mengaduk adonan wajik (wajit) di dalam wajan raksasa. Aroma harum gula merah dan kelapa langsung tercium dari adonan yang ia aduk 45 menit itu.

 

Selesai mengaduk, adonan itu ia simpan di atas wadah2 untuk dikeringkan beberapa jam. Lanjut, adonan itu dibentuk dan dimasukkan ke pelepah jagung atau kulit jagung. Proses pembuatan wajit belum berakhir, wajit yang telah dibungkus pelepah dipanggang dalam oven selama kurang lebih setengah jam.

 

“Agar wangi adonan dan pelepah jagung padu, baru dibungkus plastik,” ujar Ovan saat ditemui di pabrik wajik milik keluarganya di Kp Saargenggong, Ds Karangtanjung, Cililin, KBB, Kamis (2/5/2019).

Dalam sehari, ujar Ovan, pabrik wajik keluarganya bisa memproduksi 5 kuintal adonan. Namun, jumlah itu bisa meningkat menjadi 8 kuintal terutama menjelang bulan Suci Ramadan.

“Kami hanya menjual di sini saja, tapi banyak yang menjual barang dari berbagai daerah. Di sini produsen hanya ada tiga, tapi yang jual bisa puluhan,” ucap Ovan yang merupakan putra dari H Obang Sobari si pemilik pabrik.

 

Dari adonan lima kuintal, ia bisa buat 1.000 bungkus lebih wajit. Tiap bungkusnya, terdiri dari 11 wajit. “Kalau harga jualnya itu Rp. 12 ribu perbungkus, ada wajik dari ketan hitam juga,” ucapnya.

Pabrik yang telah beroperasi 17 tahun itu juga memproduksi dodol dan angleng juga. “Kalau produk yang lainnya hanya jadi pelengkap saja,” katanya.

 

Fardan (33), salah seorang anak H Obang lainnya, mengatakan puncak penjualan wajit paling ramai, biasanya satu minggu menjelang Idul Fitri.

Kendati penjualan meningkat. Namun, harga bahan baku wajit turut melonjak. “Saat munggahan (makan2 jelang Ramadhan) harga kelapa perbutirnya Rp. 4500, asalnya Rp 2.800-an,” kata Fardan. (dwa/odi; Yudha Maulana; Bahan dari : https://food.detik.com/berita-boga/d-4534015/begini-cara-wajit-cililin-yang-lembut-legit-diproduksi?tag_from=wpm_nhl_6)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close