Wisata dan Kuliner

Isi Perut Patung Sapi Ndhekem Boyolali Incaran Wisatawan

(lifestyle.okezone.com)-Berlibur atau transit via Kabupaten Boyolali, Jateng, tidaklah lengkap rasanya tanpa mengunjungi serta mengabadikan foto bersama keluarga di ikon kabupaten yang dikenal Kota Susu itu.

 

Hal itu dirasakan Ahmad Husein, 40, lelaki asal Boyolali yang se-hari2 tinggal di Surabaya.  Ahmad bersama istri dan dua buah hatinya yang duduk di sekolah dasar menyempatkan ke kawasan Alun-alun Kidul, Kompleks Perkantoran Pemkab Boyolali.

 

“Yang dicari patung sapi ndhekem,” ungkap Ahmad. Bukan hanya Ahmad, ratusan warga terlihat memadati kawasan Alun-alun Kidul Boyolali. Sisi utara alun-alun dipenuhi mobil berpelat luar Boyolali seperti Jogja, Solo, dan Semarang.

 

Ahmad Husein bersama keluarganya berpose aneka gaya di sekeliling patung sapi setinggi 18 meter tersebut. Dia bahkan tak sungkan meminta tolong kepada pengunjung lain untuk menjepretkan aktivitasnya bersama keluarga.

 

Tak puas berfoto, kedua buah hati Ahmad ke pintu kaca di perut sapi. Mereka memincingkan mata berharap dapat melihat isi perut sapi itu. Hal serupa juga dilakukan sejumlah pengunjung lain.

 

Beberapa dari mereka berusaha menggeser pintu kaca membuka pintu. Sayang, warga kecewa karena rasa penasaran mereka untuk melihat isi perut sapi tak tertuntaskan. Patung Lembu Sora atau lebih dikenal dengan sapi ndhekem diresmikan Bupati Boyolali, Seno Samodro,(2015). Sejak saat itu Lembu Sora jadi ikon yang identik dengan Kota Susu.

 

Ahmad sengaja memilih patung Lembu Sora karena letaknya yang terjangkau dari kampung halamannya di Cepogo, Boyolali. “Lagipula sejak 2015 keluarga baru 2x foto-foto di sini,” imbuhnya. Tahun ini Ahmad dan keluarganya harus menelan kekecewaan yang sama karena gagal mengintip isi perut lembu sora.

 

Pengunjung lain, Maryani (35), mengungkapkan kekecewaan serupa. Warga Sawit, Boyolali, itu juga belum pernah melihat isi patung sapi. Padahal, ikon kota di kawasan alun-alun ini kerap menjadi jujugan ketika ada saudara berkunjung.

 

“Jadinya malah bingung sendiri kalau ditanya itu patung buat apa,” ungkap Maryani. Dia berharap di masa-masa liburan seperti sekarang pintu di perut patung sapi yang biasanya tertutup bisa dibuka untuk menuntaskan rasa penasaran warga.

 

Berita, patung sapi perah di Alun2 Kidul Boyolali jadi ikon wisata kekinian. Patung Lembu Sora itu gedung pertemuan. Di sekitarnya ada kantor bupati berbentuk seperti Istana Negara serta gedung DPRD mirip gedung DPR Senayan. (mrt; Bahan dari : Agregasi Solopos; dan https://lifestyle.okezone.com/read/2019/06/10/406/2065049/isi-perut-patung-sapi-ndhekem-boyolali-jadi-incaran-wisatawan)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close