Opini dan sukses bisnis

Komputasi Awan Bantu Percepat Proses Dan Pangkas Pengeluaran

(dailysocial.id; Diskusi para mitra Alibaba Cloud di Indonesia dalam acara konferensi di Singapura beberapa waktu lalu)-Dalam gelaran Alibaba Cloud APAC Summit di Singapura-2019, hadir mitra dari Indonesia di antaranya Tokopedia, MNC dan Adira Finance.

 

Ketiga mitra itu telah memanfaatkan layanan dan teknologi komputasi awan milik Alibaba Cloud. Dalam sesi tanya jawab yang dipandu perwakilan dari Alibaba, mereka menyampaikan pengalaman hingga harapan terkait kebutuhan layanan komputasi awan.

 

Mempercepat proses dan memangkas pengeluaran

VP of Engineering Tokopedia Herman Widjaja menyebutkan, teknologi komputasi awan mampu mempercepat proses layanan. Tokopedia kini makin gencar melancarkan Same Day Delivery, yang diklaim 30-40% mampu dilakukan dengan proses cepat. Tokopedia menargetkan jumlah itu bisa bertambah hingga 80% success rate.

 

“Dengan kolaborasi bersama Alibaba Cloud, kami berharap bisa mempercepat proses dan tentunya melakukan scale up. Ke depannya kami berharap bisa menangani 200 transaksi per detik,” kata Herman.

 

Saat ini Tokopedia punya 90 juta pengguna aktif dan lebih dari 5,5 juta merchant. Sebagai marketplace yang memiliki sejumlah kategori dan bukan sekedar jual-beli biasa, Tokopedia berencana mendirikan smart fulfilment center, yang didukung dengan teknologi terkini.

 

Pemanfaatan layanan komputasi awan diklaim mampu memangkas biaya pemeliharaan server dan teknologi internal. Hal itu diungkap Deputy Director IT Adira Finance Dodi Soewandi. Dia ceritakan, setelah menggunakan teknologi komputasi awan, perusahaannya mampu memangkas pengeluaran hingga 10-15%.

 

Belum berniat membangun data center baru

Dalam kesempatan itu hadir GM Alibaba Cloud Indonesia Leon Chen.  Disinggung rencana bagi Alibaba Cloud membangun data center ketiga di Indonesia, Leon menegaskan kini belum berencana itu. Masih fokus menambah jumlah klien hingga menghadirkan inovasi teknologi terkini, Alibaba Cloud ingin memperkuat kehadirannya di Indonesia.

 

“Kita antusias dengan semangat dan apresiasi yang diberikan perusahaan di Indonesia mengadopsi teknologi kami. Jika nantinya akan lebih banyak permintaan untuk kami bangun data center ketiga di Indonesia, tentunya rencana itu akan dibicarakan lebih lanjut secara internal,” kata Leon.

 

Saat ini Indonesia, key market bagi Alibaba Cloud. Bukan hanya sambutan yang baik dari startup hingga korporasi untuk memanfaatkan teknologi Alibaba Cloud, namun dengan teknologi2 yang dimiliki, banyak klien dan mitra Alicloud yang mulai terbiasa mengadopsi teknologi, bahkan menunggu inovasi dari Alicloud selanjutnya.

 

(Bahan dari : https://dailysocial.id/post/komputasi-awan-bantu-perusahaan-percepat-proses-dan-memangkas-pengeluaran/)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close