Aku cinta Indonesia

Pembayaran Digital Lebih Aman Dari Tunai

(cnnindonesia.com)-Jakarta, CEO DANA Vincent Iswara menyatakan, metode pembayaran digital lebih aman dibanding tunai. Ia beralasan pembayaran digital memiliki data dan alur yang lebih jelas.

“Orang pikir digital itu tidak aman, salah, digital itu jauh lebih aman. Kenapa? Karena semua itu terjadi kalau kita lihat ada data dan ada flow-nya (alur), jadi bisa ditelusuri kalau terjadi kehilangan dan bisa dicari tahu masalahnya,” ujar Vincent di kantor DANA, Jakarta, (21/5).

Vincent mengatakan pembayaran tunai punya kendala2 seperti uang rusak bahkan palsu, serta rekonsiliasi yang tidak tepat. Ditanya soal cara supaya masyarakat cepat beralih ke pembayaran digital, DANA mengatakan infrastruktur dan integrasi dari penerimaan pedagang harus siap.

“Infrastrukturnya harus ready (siap), integrasinya harus siap dari penerimaan merchant-nya (pedagang) juga harus siap. Benefit-nya (keuntungannya) banyak, kalau berintegrasi secara digital transaksi itu bisa terjadi kapan pun, di mana pun dan uangnya bisa diterima segera” jelas Vincent.

Maka dari itu, pihak DANA berupaya mengedukasi kepada masyarakat terutama di kalangan anak muda terkait manfaat dari pembayaran digital.

“Untuk pengajaran ke masyarakat, caranya kalau kita ngomong satu kota agak sulit karena kita lebih melihat gimana caranya ke masyarakatnya siap dulu. Contoh yang lebih mudah bertukar ke tradisional ke digital itu biasanya ke masyarakat yang lebih muda atau millenial,” kata Vincent.

 

Vincent tidak menerangkan soal risiko yang juga mengintai pembayaran digital. Perencana keuangan dari Finansia Consulting Eko Endarto menyebut salah satu kelemahan pembayaran nontunai ini adalah ketergantungannya terhadap teknologi, sehingga memiliki potensi gangguan.

Selain itu, transaksi nontunai dapat membuat penggunanya jadi konsumtif. Pasalnya, transaksi nontunai memudahkan akses ke konsumsi. Terlebih ada berbagai promosi. Ini pentingnya edukasi penggunaan transaksi nontunai bagi masyarakat.

DANA merupakan perusahaan rintisan yang bergerak si bidang teknologi finansial yang menyediakan infrastruktur pembayaran. Aplikasi berbasis iOS dan Android ini telah diperkenalkan masif sejak akhir 2018. (din/eks; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190521204543-185-397095/pembayaran-digital-disebut-lebih-aman-dari-tunai)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close