Kesehatan

Penyebab Penyakit-Mata Dan Gejalanya

(1health.id)-Sakit mata atau konjungtivitis memiliki gejala khas beda2, berdasarkan penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya, maka Anda akan mendapat penanganan yang tepat. Berikut ini beberapa gejala sakit mata, sesuai dengan penyebabnya:

 

1-Akibat Virus

Sakit mata yang disebabkan virus disebut dengan viral konjungtivitis. Gejalanya mirip dengan gejala flu. Selain itu, cairan mata juga menjadi encer dan bening. Jenis sakit mata yang satu ini sangat menular. Maka, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, agar tidak menularkannya pada orang lain.

 

3-Akibat Bakteri

Konjungtivitis ini jenis sakit mata yang paling banyak terjadi. Selain mata merah, konjungtivitis akibat bakteri ini juga menghasilkan sekret tebal berwarna kuning kehijauan, atau yang sering disebut dengan belekan. Jenis yang satu ini juga sangat menular.

 

3-Akibat Alergi

Alergen yang sering jadi penyebab konjungtivitis adalah debu, tungau, dan bulu binatang. Konjungtivitis akibat alergi, akan menimbulkan gejala mata gatal dan terkadang muncul lapisan lengket pada bulu mata. Berbeda dengan konjungtivitis akibat virus dan bakteri, sakit mata akibat alergi, tidak menular.

 

4-Akibat iritasi

Sakit mata akibat iritasi, terjadi saat mata terpapar benda asing atau kelilipan. Gejalanya : Mata berair, kadang sedikit kental, dan disertai dengan rasa mengganjal pada mata. Anda sebaiknya melindungi mata Anda saat sedang di luar rumah, seperti menggunakan kacamata atau helm saat mengendarai motor.

 

Segera periksakanĀ  ke dokter untuk mengetahui gejala sakit mata yang Anda alami. Jangan sembarangan menggunakan tetes mata. Bila tak sesuai, tetes mata yang Anda gunakan justru menimbulkan dampak yang lebih buruk. (Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/4-penyebab-sakit-mata-dan-gejalanya.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close