Psikologi

Gejala Saat Kurang Protein

(1health.id)-Protein zat gizi makro dibutuhkan tubuh tiap hari. Protein untuk pembentukan massa otot dan memperbaiki jaringan yang rusak. Maka, protein harus ada tiap jam makan Anda. Rata2 orang dewasa butuh protein 20% dari kebutuhan total kalori.

 

Kekurangan protein dapat menimbulkan kerugian bagi kesehatan Anda. Bila Anda ragu, sebaiknya segera kenali gejala yang terjadi saat Anda tidak mengonsumsi cukup protein berikut ini.

 

1-Rentan cedera Tulang

Tulang bukan hanya butuh kalsium, tapi juga perlu protein. Mengonsumsi cukup protein berkontribusi melindungi tulang. Ketika tubuh tidak mendapat cukup protein untuk perkembangan organ dan otak, maka tubuh akan mengambilnya dari jaringan otot. Tanpa jaringan otot kuat, maka tulang akan rentan mengalami cedera hingga patah tulang.

 

2-Rambut dan kuku menjadi rapuh

Saat kekurangan protein, kuku jadi rapuh dan mudah patah. Begitupun rambut jadi mudah patah. Setelah beberapa bulan kekurangan protein, Anda bisa mengalami rambut rontok. Hal itu lantaran kekurangan protein dapat menghambat pertumbuhan rambut.

 

3-Berat badan berkurang

Menurunnya berat badan tidak berarti selalu baik. Berat badan menurun akibat kekurangan protein membuat Anda kehilangan massa otot juga. Saat itu terjadi, maka kekuatan tubuh Anda menurun. Hal ini dapat menurunkan produktivitas tubuh Anda.

 

4-Mudah lelah

Saat Anda mudah lelah, lemas, dan tak bersemangat, bisa jadi itu akibatĀ Anda tidak mengonsumsi cukup protein. Perubahan ini disebabkan berkurangnya massa otot. Kekurangan protein juga memengaruhi produksi hemoglobin yang bertugas mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

 

5-Mudah terserang flu

Protein jadi salah satu komponen pembentuk daya tahan tubuh. Saat kekurangan protein maka kekebalan tubuh Anda jadi lemah. Sehingga sulit untuk melawan bakteri atau virus yang akan membuat Anda mudah terserang flu. Mudah sakit tentu saja akan membuat kualitas hidup Anda menurun.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/5-gejala-saat-tubuh-kurang-protein.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close