Iptek dan Lingk. Hidup

Cara Login Google Memakai Sidik Jari

(tekno.kompas.com)-Saat ingin login/masuk ke akun Google, atau sekadar pakai aplikasi atau layanan yang butuh akun Google, pengguna biasanya disodori halaman login. Di situ, pengguna harus mengetik nama akun berikut kata sandinya, agar bisa mengakses akun Google masing2.

 

Kini, Google mempersingkat proses dengan fitur pengguna bisa login dengan data biometrik sidik jari (fingerprint). Artinya, pengguna tak perlu repot2 mengetikkan nama akun dan kata sandi jika diminta Google. Untuk dapat membaca fingerprint antarmuka peramban, Google mengandalkan sistem protokol web teranyar (FIDO2 dan WebAuthn) yang dihubungkan sistem pembaca fingerprint di ponsel Android.

 

Data biometrik ini tidak mengalir ke dunia maya, atau dikirim ke server dan diklaim aman. Alih2 dikirim, Google hanya memverifikasi dengan baca data biometrik fingerprint di ponsel pengguna. Cara login akun Google pakai sidik jari/fingerprint Untuk login dengan sidik jari, pengguna bisa mengunjungi situs Google Password Manager di browser Google Chrome di ponsel masing2.

 

Perlu dicatat, fitur ini hanya bisa digunakan di peramban Chrome saja, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Google, (13/8/2019). Artinya, peramban lain atau pihak ketiga (third party) dipastikan belum bisa menggunakan fitur login fingerprint ini.

Setelah pengguna buka situs Password Manager, pilih menu website, layanan, atau aplikasi yang ingin bisa diakses atau login dengan fingerprint. Daftar situs atau layanan itu bisa ditambahkan oleh pengguna, ketika login di website tujuan dan memasukkan informasi login untuk pertama kalinya. Pada saat itu, muncul menu pop-up untuk menyimpan informasi login di layanan Password Manager Google.

 

Kembali ke penggunaan fitur sidik jari, setelah memilih website/layanan yang diinginkan, lanjut halaman verifikasi “Verify it’s you”, klik tombol “Continue”. Lalu, muncul jendela konfirmasi identitas fingerprint. Di sini, tempel jari Anda di modul pemindai sidik jari di smartphone, (di punggung, atau di layar ponsel), tergantung perangkatnya. Klik pilihan “Use screen lock”.

 

Pengguna bisa login ke layanan atau situs yang dipilih tadi tanpa memasukkan kata sandi. Ada sedikit kabar buruk. Fitur ini baru bisa dinikmati di ponsel Google Pixel dengan sistem operasi Android 7.0 ke atas, yang sejatinya memiliki fitur screen lock. Ketersediaan fitur ini di smartphone non-Pixel, kata Google, bakal menyusul. Meski begitu, Google tidak menyebut kapan tanggal pastinya.

 

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com; dengan judul “Cara Login Google Pakai Sidik Jari”, Penulis : Bill Clinten; Editor : Reska K. Nistanto; Cuplikan dari : https://tekno.kompas.com/read/2019/08/13/18100097/cara-login-google-pakai-sidik-jari)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close