Aku cinta Indonesia

Bendera Raksasa Dipasang Di Jembatan Ka Cisomang

(ayobandung.com)-PURWAKARTA; Komunitas Pecinta Alam Cimahi mengibarkan bendera merah putih di Jembatan KA Cisomang non aktif berlokasi di Desa Depok Kecamatan Darangdan, Purwakarta, Sabtu (17/8/2019). Pengibaran bendera raksasa ini dalam rangka HUT RI ke-74.

 

Sebelum pengibaran bendera, anggota komunitas pecinta alam melakukan upacara bendera dan menyanyikan lagu Indonesia raya di Jembatan KA Cisomang aktif yang lokasinya berdampingan dengan Jembatan KA non aktif. Setelah bendera merah putih berkibar pada pukul 10.00 Wib , teks proklamasi dibacakan oleh anggota pecinta alam di jembatan non aktif tempat dimana bendera dikibarkan.

 

“Awalnya hanya iseng bersama teman pecinta alam lain, tapi respons  mereka tinggi maka diseriuskan untuk mengibarkan bendera di sini pada hari kemerdekaan,” kata Capung, si penggagas pengibaran bendera merah putih usai mengibarkan bendera.

 

Jembatan Cisomang dipilih karena bermakna dan sejarah di masa penjajahan dulu. Jembatan yang jadi perbatasan Purwakarta-Bandung ini dibuat orang Indonesia meski di bawah tekanan penjajah. Untuk itu, ia bersama teman pecinta alam berinisatif mengibarkan bendera merah putih ukuran 20 X 13 meter untuk menghormati jasa para pahlawan.

 

“Ini pengalaman pertama kita mengibarkan bendera merah putih di jembatan kereta api, sebelumnya paling kita di tebing atau pegunungan,” ujar anggota Pecinta Alam Jaya Buana IMT Cimahi itu. Ia mengaku, dalam proses pengibaran bendera merah putih sempat mengalami kesulitan mengatur penurunan bendera.

 

Selain ukuran bendera yang besar, juga berjibaku melawan rasa takut di atas ketinggian 100 meter dari dasar sungai. Namun berkat dukungan dari semua pihak, bendera berhasil dikibarkan. “Jujur sempat gugup dan khawatir ada kesalahan teknis, apalagi ditonton ratusan masyarakat setempat, tapi antusias masyarakat tinggi menjadi semangat kita juga,” ucap dia.

 

Seorang warga setempat Awank mengaku bangga kepada para pemuda yang berhasil mengibarkan bendera merah putih di Jembatan Cisomang pada HUT RI ke-74. “Sangat bangga, sejak emak kecil hingga sekarang berusia 65 tahun belum pernah ada mengibarkan bendera di Jembatan Cisomang, ini adalah pertama kalinya,” singkat dia.

 

Diketahui, pecinta alam terlibat dalam pengibaran bendera di antaranya Jaya Buana INT Cimahi, Papas STKIP Pasundan, Ratuba Bandung Barat, Kumpala Bandung Barat, Menwa Unpas, Mapag Buaha Poltekes, Koor Stikes Ahmad Yani, dan Gempar Poltekes.

(Artikel ini sudah Terbit di AyoBandung.com, dengan Judul Bendera Merah Putih Raksasa Dipasang di Jembatan KA Cisomang, pada URL https://www.ayobandung.com/read/2019/08/17/60896/bendera-merah-putih-raksasa-dipasang-di-jembatan-ka-cisomang; Penulis: Dede Nurhasanudin; Editor : Andres Fatubun)

 

 

Dede Nurhasanudin; Editor : Andres Fatubun;  Bahan dari : https://www.ayobandung.com/read/2019/08/17/60896/bendera-merah-putih-raksasa-dipasang-di-jembatan-ka-cisomang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close