Selingan

Tiap Orang Habiskan 52 Menit Sehari Untuk Julid

(health.detik.com)-JAKARTA; Setuju atau tidak, semua orang gemar julid (bergosip). Meski sebagian besar mengatakan bergosip nama lain untuk bertukar informasi namun kenyataannya, kita semua gemar berbicara tentang orang lain.

Saking banyaknya yang gemar bergosip, sebuah studi menemukan orang menghabiskan 52an menit sehari untuk membicarakan orang lain, atau bergosip, tentang mereka yang tidak hadir. Tapi terlepas dari asumsi gosip itu omong kosong, penelitian ini menemukan sebagian besar gosip adalah obrolan yang tidak menghakimi.

“Kami temukan mayoritas gosip adalah netral. Sekitar tiga perempat percakapan yang kami dengar dalam sampel tidak bernada positif atau negatif,” tutur Megan Robbins, penulis studi dan psikolog dari UC Riverside, dikutip dari NPR.

Apa pun yang dibicarakan tentang seseorang yang tidak hadir dianggap sebagai gosip, yang oleh asisten peneliti kemudian dinilai positif, negatif, atau netral.

Wanita, tentunya, bergosip lebih sering dari pria tapi hanya membicarakan soal informasi umum seperti pekerjaan keponakan atau tentang perawatan kanker seorang rekan lain. Riset juga menunjukkan orang yang lebih muda cenderung lebih suka julid daripada yang tua.

Dan, tidak mengherankan, orang ekstrovert lebih mungkin untuk bergosip daripada orang introvert meski tidak diketahui pasti isi percakapannya apakah positif, negatif atau di antaranya.

Gosip itu fenomena rumit untuk diartikan. Dosen di King’s College London yang tidak menjadi peneliti di studi itu, Elena Martinescu, menunjukkan bahwa kadang-kadang bergosip dapat membahayakan tapi tidak menutup kemungkinan informasi yang kita dapatkan bisa digunakan untuk melindungi diri sendiri.

“Saya pikir bergosip itu hal cerdas untuk dilakukan. Ini memungkinkan orang untuk melacak apa yang terjadi dan membentuk aliansi sosial dengan orang lain,” sebut Elena. Tak selamanya bergosip atau julid menjadi kegiatan yang tidak memiliki manfaat. Di beberapa waktu, bergosip juga bisa memberikan manfaat di waktu-waktu tertentu.

Jadi, sudah berapa menit yang kamu habiskan untuk julid hari ini? (kna/up; Khadijah Nur Azizah; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4669058/studi-setiap-orang-habiskan-52-menit-sehari-cuma-buat-julid?tag_from=wpm_nhl_14)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close