Aku cinta Indonesia

Jonan Kampanye Penggunaan Listrik Tenaga Surya

(beritasatu.com)-JAKARTA; Menteri ESDM Ignasius Jonan terus mengkampanyekan penggunaan lampu solar. Hari itu, Minggu (28/7/2019), di kawasan Monas, Jakarta, berkampanye penggunaan solar PV rooftop atau sistem panel surya pada atap.

 

“Semoga seluruh kantor pemerintah pusat menggunakan solar PV rooftop. Ini demi energi bersih dan menghemat tagihan listrik, seperti Ismer (Istana Merdeka, Red) dan Kementerian ESDM” ujarnya.

 

Lampu solar PV rooftop juga sudah dipasang di rumah dinas dan rumah pribadinya. Selain itu, rumah jajaran pejabat eselon 1 dan 2 Kementerian ESDM juga sudah memasang sistem listrik serupa. “Anda kapan?” ujar Menteri ESDM kepada masyarakat.

 

Dia juga meminta Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo untuk mendorong para gubernur membuat peraturan daerah (perda) tentang kewajiban menggunakan solar PV rooftoop ini. Kewajiban itu bisa diterapkan untuk bangunan dengan luas di atas 250 m2 dalam satu izin mendirikan bangunan (IMB).

 

Untuk diketahui, panel surya pada atap rumah merupakan salah satu solusi aplikasi sistem panel surya. Pada aplikasi ini, panel surya dipasang pada atap rumah agar dapat memanen cahaya matahari secara maksimal dan menghasilkan listrik tanpa henti serta hemat biaya.

 

(Asni Ovier; AO; Bahan dari :  BeritaSatu.com dan https://www.beritasatu.com/megapolitan/566692/menteri-jonan-kampanyekan-penggunaan-listrik-tenaga-surya)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close