Opini dan sukses bisnis

Target Bukalapak Berstatus Decacorn Tahun 2019

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA ;Bukalapak sebagai satu platform dagang-elektronik Indonesia tengah membidik status decacorn atau perusahaan teknologi dengan valuasi di atas US$10 miliar tahun-2019.

 

CEO Bukalapak Achmad Zaky menyatakan pertumbuhan industri dagang-el di Indonesia masih tinggi. Dia sebut tahun-2018 bisnis perusahaannya tumbuh 3x lipat, sedang tahun-2019 diharapkan tumbuh 2x lipat.  Pihaknya enggan memerinci valuasi dan GMV [Gross Merchandise Value] perusahaan saat ini.

 

“Mudah-mudahan tahun ini bisa jadi decacorn.Tahun kemarin kita tumbuh tiga kali lipat.Industri e-commerce masih tumbuh gila,” ujarnya saat Halal Bihalal Bukalapak, Kamis (27/6).

 

Pihaknya fokus pengembangan usaha kecil melalui program Mitra Bukalapak dengan sistem digital yang membantu meningkatkan kapasitas warung tradisional. Saat ini, melalui program itu Bukalapak mengklaim telah membantu lebih dari 1 juta warung di Indonesia. Jumlah itu 20% dari total warung di Indonesia yang diperkirakan ada 5 juta warung.

 

Dari sisi produk, Bukalapak berinvestasi cukup besar untuk meningkatkan talenta digitalnya.Saat ini jumlah karyawan perusahaannya 2.500 orang yang sebagian besar insinyur IT, meningkat jauh dibanding jumlah karyawannya pada tahun-2018 sejumlah 1.000 orang.

 

“Lewat program Bukajalan pulang kami bawa talenta dari luar negeri seperti AS, Jepang, Eropa untuk memperbaiki tampilan produk. Kami investasi besar2an di pengembangan produk Hasilnya terlihat 6 bulan terakhir hampir tidak pernah ada gangguan,” ujarnya.

 

Bukalapak juga mulai ekspansi layanannya ke luar negeri melalui peluncuran program BukaGlobal. Melalui program ini, Bukalapak mulai membuka pengiriman ekspor produk pelapak ke wilayah Singapura, Malaysia, Hong Kong, Taiwan, dan Brunei Darussalam.

 

“Manfaatnya akan ke Indonesia, dengan kita buka pengiriman internasional seperti Singapura dan Malaysia.Paling tidak merasakan ketika pelapak pecah telur [mengirimkan barang ke luar negeri], ini jadi awal bagi pelaku usaha kecil” ujarnya. (Deandra Syarizka; Editoor : Demis Rizky Gosta; Bahan dari :https://teknologi.bisnis.com/read/20190627/266/938545/target-zaky-bukalapak-berstatus-decacorn-tahun-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close