Wisata dan Kuliner

Puncak Watu Api Melo Terbaik Saksikan Matahari Terbenam(1/2)

(travel.kompas.com)-Melo; Puncak Watu Api Melo, Desa Liang Ndara, Kec-Mbeliling, Kab-Manggarai Barat, Flores, NTT itu tempat terbaik menyaksikan matahari terbenam di Ujung Barat Pulau Flores. Puncak ini di pinggir jalan Negara Transflores Ruteng- Labuan Bajo.

 

Setiap sore, wisatawan mancanegera dan wisnus berbaur dengan warga melihat matahari terbenam di laut Labuan Bajo serta Taman Nasional Komodo. Puncak Watu Api menarik wisatawan berdiri di atas batu bulat di sisi kiri dari arah Timur. Bahasa lokal watu berarti batu dana pi berarti api. Secara harafiah Puncak watu api berarti bukit batu yang menyala.

 

Tempat ini terkenal di kalangan wisman dan Wisnus dan itu selalu diperbincangan warga. Wisatawan selalu berhenti di puncak itu menyaksikan keindahan matahari terbenam. Penasaran tempat itu, Wisnus asal Manggarai Timur, Flores dan Asmat, Propinsi Papua pada 25/7/19, ke tempat itu menyaksikan langsung keindahan matahari terbenam pukul 17.30 Wita.

 

Sore itu, kami dipandu Mama Adeo di Kampung Melo bersama saudaranya menyaksikan matahari terbenam yang berbentuk bulat. Setiba di puncak rombongan itu turun dari mobil Bemo Cahaya Surya yang dikemudikan Nobi. Rasa penasaran terbalas dengan berdiri diatas puncak watu api itu sambil menyaksikan matahari perlahan turun ke laut.

Menyaksikan matahari terbenam

Perlahan matahari bulat merah turun dan hilang di balik cakrawala. Mereka kagum dengan keindahan dari Sang Pencipta. Saat itu, wisatawan lain asal Pulau Jawa mengabadikannya dengan kamera dan HP. Wisatawan dari Kota Ruteng ke Labuan Bajo itu naik bis Gunung Mas rute Ruteng-Labuan Bajo.

 

Bis Gunung Mas berhenti di pinggir jalan karena wisatawan asal P. Jawa turun untuk mengabadikan keindahan itu dengan foto bersama keluarga. Kenangan itu mereka abadikan untuk dikisahkan kepada keluarga lain bahwa Pulau Flores itu indah.

 

(Artikel ini tayang di Kompas.com dengan judul “Puncak Watu Api Melo, Tempat Terbaik Menyaksikan Matahari Terbenam di Ujung Barat Pulau Flores”, Penulis : Kontributor Manggarai, Markus Makur; Editor : Wahyu Adityo Prodjo; Bahan dari : https://travel.kompas.com/read/2019/07/29/211600927/puncak-watu-api-melo-tempat-terbaik-menyaksikan-matahari-terbenam-di-ujung)-FatchurR * Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close