Wisata dan Kuliner

Patung Bung Karno Dan Air Mancur Menari Hiasi Stasiun Tawang

(lifestyle.okezone.com)-PT KAI siap mengembangkan Stasiun Tawang, Semarang, jadi kawasan wisata. Salah satu infrastruktur yang akan dibuat untuk mendukung upaya itu pembangunan air mancur menari setinggi 100 meter.

 

Kepala KAI Daop-IV Semarang Huda Santoso mengatakan, kawasan Stasiun Tawang akan diarahkan ke pengembangan pariwisata yang dilengkapi patung Bung Karno dan air mancur menari setinggi 100 meter. Sehingga lahan di lokasi stasiun berpotensi jadi tempat pengembangan hotel, restoran, dan mal.

 

“Ke depannya Stasisun Tawang tidak hanya menjadi stasiun. Namun juga kawasan pariwisata dan bisnis. Harapannya pengunjung tidak hanya penumpang, tetapi bisa 2-3 kali lipat,” katanya.

 

Seperti dilansir Solopos, Stasiun Poncol juga akan disulap jadi Cinema City dilengkapi pusat makanan dan hiburan. Ke depan stasiun bukan hanya untuk naik dan turun penumpang kereta. Namun juga jadi sarana rekreasi.

 

Tahun ini KAI diharapkan melakukan MoU dengan perusahaan mitra, sehingga pengembangan Stasiun Tawang dan Poncol dengan wajah baru dapat dimulai 2020. Proses konstruksi diperkirakan memakan waktu 2-3 tahun.

 

KAI sedang menawarkan aset lahannya seluas 252,47 ha untuk dikembangkan menjadi proyek properti bersama pihak mitra. Di antaranya ialah sejumlah aset lahan di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

 

Corporate Deputy Director of Assets Development KAI Suharjono mengungkapkan, di Daops IV Semarang ada 14 lokasi yang potensial dikembangkan, mulai dari Semarang, Tegal, Pekalongan, hingga Kudus.

 

Di Daops V Purwokerto, ada 8 lokasi yang menarik di Purwokerto, Wonosobo, Cilacap, dan Bumiayu. Sedang di Daops VI Yogyakarta, terdapat 8 titik lahan potensial di Magelang, Solo, Sragen, Yogyakarta.

 

Di Semarang, dua proyek yang menjadi fokus ialah kawasan Stasiun Tawang dan Poncol, yang terintegrasi dengan wisata Kota Lama.

 

Di Tawang, KAI bahkan mengonsep pengembangan area kontainer dan pengangkutan logistik dari stasiun ke Pelabuhan Tanjung Emas.

 

“Bentuk properti nantinya bisa bermacam-macam, hunian, mal, apartemen, tempat wisata, atau area pergudangan. Yang jelas untuk kawasan heritage kita tetap menjaga nilai otentiknya,” tuturnya

 

(DRM; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/08/16/406/2092699/patung-bung-karno-dan-air-mancur-menari-siap-hiasi-stasiun-tawang)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close