YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Prolanis di Buah Batu 24-10-19-Dan Pemicu Hipertensi(2/4)

Seperti diinformasikan sebelumnya bahwa dr. Agus memberikan Health Talk tentang pemicu Hipertensi. Berikut rangkumannya :

Kasus hipertensi di dunia terus meningkat, termasuk Indonesia. Namun, bukan berarti hipertensi tidak bisa dicegah. Anda dapat menurunkan risiko terkena penyakit ini dengan memahami penyebab hipertensi. Dikatakan memiliki tekanan darah tinggi jika hasil tes tensi lebih tinggi dari 140/90 mmHg.

 

Berikut penyebab hipertensi primer :

Hipertensi primer (esensial) itu kondisi tekanan darah tinggi tak jelas penyebab spesifiknya. Sebanyak 95% orang yang punya tensi tinggi termasuk kategori ini. Kebanyakan orang yang memiliki hipertensi jenis ini tidak akan merasakan gejala yang berarti. Diantaranya :

 

1-Kebanyakan garam

Faktor utama penyebab tekanan darah tinggi yang berasal dari luar tubuh adalah garam. Hubungan garam dan tekanan darah :

 

Jika porsinya berlebihan, garam dapat menyebabkan penumpukan natrium alami dalam tubuh. Kelebihan natrium ini akan menberatkan kerja ginjal untuk membuang sisa cairan limbah dalam tubuh. Akibatnya, terjadilah retensi cairan yang meningkatkan tekanan darah dalam pembuluh. Lama-lama akan menyebabkan dinding arteri melemah

 

2-Malas gerak (Mager)

Mager penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi yang sering dianggap remeh. Detak jantung dari yang mager cenderung cepat. Ini menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras untuk memompa darah, yang akhirnya berimbas pada peningkatan tekanan darah.

 

Anda telah tepat ikut Senam Prolanis ini atau senam lainnya. Minimal tiap hari harus bergeraak 30 menit. Mulailah perlahan dengan olahraga ringan, yang penting teratur setiap hari. Misalnya, jalan kaki, naik-turun tangga.

 

Melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur telah lama diketahui efektif untuk menjaga tensi darah tetap stabil. Akhirnya, rutin ber-OR membantu menjauhkan Anda dari masalah hipertensi.

 

3-Obesitas

Obesitas (kelebihan berat badan) erat kaitannya dengan hipertensi. Hal ini dinilai sebagai penyebab hipertensi yang paling sering terjadi.

 

Anda tergolong kelebihan berat badan kalau indeks massa tubuh Anda di atas 23. Sedangkan Anda tergolong obesitas kalau indeks massa tubuh Anda di atas 25. Cek dulu berapa indeks massa tubuh Anda

Indeks Masa Tubuh itu rumusnya Berat badan (Kg) dibagi kuadrat tinggi dalam satuan meter

 

5-Merokok

Merokok salah satu penyebab hipertensi paling umum. Hal ini tidak lagi mengagetkan karena peringatannya sudah tertera secara terang-terangan pada setiap bungkus rokok.

 

Peningkatan tekanan darah akibat rokok akan menyebabkan kerusakan jangka panjang pada pembuluh darah. Perokok aktif yang punya tensi tinggi berisiko terkena berbagai penyakit kardiovaskular terkait komplikasi hipertensi.

 

6-Minum minuman keras

Kahwa kebiasaan minum miras berlebihan dalam jangka panjang dapat menyumbang peningkatan risiko hipertensi. Jika Anda sudah terdiagnosis punya tensi tinggi dari awal, kebiasaan “minum-minum” dapat memperburuk gejalanya.

 

Alkohol dapat menyempitkan pembuluh darah jika dikonsumsi secara berulang dalam dosis tinggi. Lama-kelamaan, menenggak miras berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal dan organ vital lain yang memengaruhi tekanan darah.

 

7-Stres

Stres berkepanjangan jadi penyebab hipertensi. Anggapan ini bukan mitos. Stres membuat tensi darah meningkat. Sebab saat stres otak melepaskan hormon kortisol, adrenalin, dan norepinefrin yang dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung. Hormon ini menyempitkan diameter pembuluh darah.

 

Jika Anda stress/cemas tiap hari, sebaiknya mulai cari cara yang sehat untuk melampiaskan penat agar terhindar dari risiko hipertensi.

 

(Disarikan dari Health Talk oleh dr. Agus 24/10/19; Foto kiriman mas Fajar dan ibu Yanti;)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close