YAKESTEL DAN OLAH RAGA

Senam Prolanis di Buah Batu 24-10-19(3/4)-Dan Pemicu Diabetes

Masih lanjutan dari Health Talk yang disampaikan oleh dr. Agus pada acara senam Prolanis tanggal 24-10-19 dengan topik selanjutnya yaitu Pemicu Diabetes, monggo :

 

Penyakit diabetes dan Hipertensi bukan hal asing bagi kita, khususnya peserta senam Prolanis karena mereka adalah pasien salah satu atau kedua penyakit itu.

 

Banyak faktor penyebab diabetes yang membuat seseorang jadi Diabetasi (berpenyaakit Diabetes). Penyakit ini adalah kondisi metabolisme tubuh abnormal sehingga kadar glukosa darah dan urin meningkat akibat ketidakmampuan tubuh menghasilkan hormon insulin. Berikut ini penyebabnya :

 

1-Suka ngemil

Kita mengira membatasi makan siang atau malam bisa menghindarkan diri dari obesitas dan penyebab penyakit diabetes. Tapi karena belum kenyang, perut diisi dengan sepotong atau dua potong camilan seperti biskuit dan keripik kentang.

 

Padahal, cemilan dan kue-kue manis lainnya mengandung hidrat arang tinggi tanpa kandungan serta pangan yang memadai. Gula dan tepung di dalamnya berperan dalam menaikkan kadar gula dalam darah

 

2-Teh manis

Penyebab lain Diabetes juga teh manis. Tingginya asupan gula menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Belum risiko kelebihan kalori. Belum ditambah tiga kali makan nasi beserta lauk pauk. Patut diduga kalau setiap hari kelebihan kalori. Penyebab DM dari teh manis berakibat pada obesitas.

 

3-Malas bergerak dan beraktivitas

Malas beraktivitas adalah penyebab DM berikutnya. Di kota masyarakat lebih memilih naik motor dibanding bersepeda. Kesimpulannya, mereka yang sedikit aktivitas fisik memiliki risiko obesitas lebih tinggi dibanding mereka yang rajin bersepeda, jalan kaki, atau aktivitas lainnya. Anda telah bergerak dengan ikut senam Prolanis ini

 

4-Kurang tidur

Penyebab lainnya kurang tidur. Jika kualitas tidur tidak didapat, metabolisme jadi terganggu. Kurang tidur juga dapat merangsang sejenis hormon dalam darah yang memicu nafsu makan. Didorong rasa lapar, penderita gangguan tidur terpicu menyantap makanan berkalori tinggi akibatnya kadar gula naik.

 

5-Stres

Saat stres datang, tubuh meningkatkan produksi hormon epinephrine dan kortisol supaya gula darah naik dan ada cadangan energi untuk beraktivitas. Kalau gula darah terus dipicu tinggi karena stres berkepanjangan tanpa jalan keluar, sama saja dengan bunuh diri pelan-pelan.

 

6-Kecanduan rokok

Tidak hanya menyebabkan kanker dan serangan jantung saja, rokok jadi penyebab DM. Disebutkan naiknya penyebab penyakit DM tidak cuma oleh rokok, tapi kombinasi gaya hidup tidak sehat, seperti pola makan dan olahraga.

 

7-Gorengan

Gorengan adalah makanan penyebab DM. Karena bentuknya kecil, satu gorengan tidak cukup. Padahal gorengan adalah salah satu faktor risiko tinggi pemicu penyakit degeneratif, seperti kardiovaskular, penyebab diabetes melitus, dan stroke.

 

8-Minuman soda

Berlebihan minum soda jadi penyebab diabetes melitus. Minuman bersoda membuat berat badan dan risiko diabetes melambung tinggi. Karena kandungan pemanis dalam minuman bersoda. Selain itu, asupan kalori cair tidak membuat kita kenyang sehingga terdorong untuk minum lebih banyak.

 

(Disarikan dari Health Talk oleh dr. Agus 24/10/19; Foto kiriman mas Fajar dan ibu Yanti;)-FatchurR *  Masih bersambung lho……

 

*** Mohon maaf, Redaktur belum tidak dapat informasi tentang jumlah peserta Senam Prolanis hari itu. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close