RSS Feed     Twitter     Facebook

P2Tel Bandung Selatan Melaksanakan Fun Walk Pada TW-IV-2019

Vote This Post DownVote This Post Up (No Ratings Yet)
Loading...
   View : 53 views    Font size:

 

Catatan Kecil Pelaksanaan Fun Walk Kjs Bandung Lautan Api Tegallega P2tel Bandung Selatan : Fun Walk yang dilaksanakan rutin tiga bulanan kali ini, dilaksanakan pada hari Rabu; Tanggal.20-11-2019 mulai pkl.06.30 s/d Pkl. 09.00

 

Para peserta sudah mulai berkumpul di lapangan Tegallega sejak pukul. 06. 00 dan melakukan registrasi. Jumlah yang hadir ada 77 orang. Suatu jumlah yang lumayan (relative) banyak.

 

 

Sebelum dimulai Fun Walk terlebih dahulu disampaikan hal2 penting terkait pelaksanaan dan tata tertib, Fun Walk kemudian do’a bersama, senam pemanasan dan senam YAKESTEL tidak ketinggal cek denyut nadi.

 

 

 

Untuk keperluan dokumentasi para peserta photo bersama dulu di sekitar Tugu Bandung Lautan Api (BLA),   sedemikian sehingga memerahkan sekitar tugu dari seragam BLA Jantung sehat, dan di cover jaket Wisata sehat. Di acara foto ini peserta sambil menyanyikan lagu halo2 Bandung dengan penuh semangat dan penuh dengan gembira.

 

 

 

Selanjutnya para peserta Fun Walk mulai berjalan dengan tertib. Rute yang ditempuh mulai dari Tegallega, Kompl. Muara sari, Jl.Inhoftank, Jl. Kurdi, Jl. Moch.Toha dan kembali ke Tegallega dengan jarak kurang lebih 4,2 km.

 

 

Sesampainya kembali ketempat asal, para peserta dengan senang hati dan istirahat sambil menikmati   konsumsi yg sudah disediakan oleh Pengurus.

 

Ketika saya wawancara, umumnya peserta menyatakan jarak tempuhnya cukupan, walau ada yang kecapekan. Mereka jumlahnya sangat sedikit. Tapi kita perlu mengetahui bahwa kita tidak perlu takut lelah dari sumber berikut ini

 

 

(alodokter.com)-Jalan Kaki itu OR murah dan ringan seperti juga Fun Walk yang diselenggarakan P2Tel Bandung Selatan, juga banyak bermanfaat bagi kesehatan. Manfaatnya antara lain : Mengurangi Stres, menurunkan berat badan, mencegah Diabetes, hingga mengurangi risiko Kanker.

 

 

 

Karena itu Jangan malas atau takut lelah untuk ber-OR jalan kaki atau ikut Fun Walk Triwulanan ini. Jika Anda mengalami masalah dengan lutut atau kaki Anda, jangan jadikan hal ini sebagai alasan untuk tidak ber-OR. Anda bisa menyiasatinya dengan berjalan ringan hingga cepat.

 

Manfaat jalan kaki

 

 

Berjalan kaki sebaiknya dilakukan 30 menit sehari. Namun, agar tubuh Anda tidak kaget, coba dulu jalan kaki 10 menit per sehari. Setelah terbiasa, bertahap tingkatkan durasinya. Jika jalan kaki rutin serta diiringi bergaya hidup sehat tiap hari, maka Anda akan mendapat manfaat jalan kaki sebagai berikut:

 

1-Baik untuk Kesehatan Jantung dan menurunkan Kolesterol

 

 

Karena jalan kaki dapat meningkatkan denyut jantung, sirkulasi darah, dan memperkuat jantung. Juga bisa menurunkan kadar kolesterol, gula darah, dan tekanan darah. Jika bermasalah dengan jantung, konsultasikan dulu ke dokter kalau ingin jalan kaki rutin. Hal ini dimaksudkan agar Anda mengetahui kapasitas dan kekuatan tubuh sendiri. kapasitas dan kekuatan tubuh sendiri.

 

2-Mencegah Diabetes tipe-2

Risiko penyakit DM-2 juga bisa turun hingga 3%, dengan jalan kaki minimal 30 menit sehari. Dengan jalan kaki, Anda memicu otot bekerja lebih sehingga mampu menyerap glukosa meningkat.

 

3-Menurunkan berat badan

Dengan jalan cepat 30 menit, Anda bisa membakar 150 kalori/hari. Makin cepat langkah kaki, makin banyak kalori yang terbakar. Namun, jalan kaki saja tidak cukup. Perlu ditunjang pola makan sehat.

 

4-Meningkatkan system kekebalan tubuh

Kurang OR membuat tubuh Anda mudah kena penyakit. Sempatkan diri untuk jalan kaki setidaknya selama 30 menit. Jalan kaki dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berguna melawan infeksi.

 

5-Mengurangi Stres

Rutin jalan kaki dapat mengurangi dan mencegah stres. Ketika berjalan kaki atau beraktivitas fisik lain, tubuh Anda melepaskan hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih baik, mengurangi rasa cemas, serta depresi. Selain itu, jalan kaki bisa memperbaiki mood dan bias tidur lebih nyenyak

 

  1. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis disebabkan penipisan tulang sehingga tulang jadi keropos, rapuh, dan rentan patah. Dengan berjalan kaki, Anda dapat membangun dan mempertahankan kesehatan tulang.

 

Selain 6 manfaat itu, manfaat lainnya di antaranya mengurangi risiko kemungkinan terkena Stroke, obesitas, radang sendi, serta beberapa jenis kanker. Jadi, manfaatkan sebaiknya OR murah meriah ini. Luangkan waktu dalam sehari untuk jalan kaki. Anda bisa menyiasatinya dengan memarkir kendaraan lebih jauh dari suatu tujuan atau turun dari Angkot dan berjalan kaki selama 15-30 menit saat bepergian.

 

(Kiriman H. Djuhana; Ditinjau oleh: dr. Kevin Adrian Bahan dari : https://www.alodokter.com/jangan-takut-lelah-ada-banyak-manfaat-jalan-kaki)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

*

code