Kesehatan

Penyebab Dan Menghindari Radang Tenggorokan

(1health.id)-Radang tenggorokan, salah satu kondisi umum yang dialami banyak orang. Ada sejumlah gejala saat seseorang mengalami radang tenggorokan, yakin rasa sakit saat menelan, tenggorokan terasa kering, perih, dan panas, demam, dan malas makan.

 

Radang tenggorokan akibat infeksi bakteri, virus, atau jamur, dan paparan zat yang bisa menyebabkan iritasi. Radang tenggorokan akut merupakan radang yang umum menyerang banyak orang. Radang tenggorokan akut yang ditangani dengan baik bisa sembuh cepat.

 

Beberapa kasus radang tenggorokan sembuh dengan sendirinya, bila Anda menjauhi hal-hal yang dapat memicu radang bertambah parah, memperbanyak asupan air, dan istirahat yang cukup.

 

Tapi, kasus radang tenggorokan berat butuh perawatan medis dan waktu lama untuk bisa sembuh. Menurut dr. Emanuel Quadarusman, Sp.THT-KL, Spesialis Telinga, Hidung, dan Tenggorokan dari Siloam Hospitals Makassar, pengobatan untuk radang tenggorokan harus disesuaikan dengan penyebabnya.

 

Jika radang tenggorokan karena infeksi (infeksi bakteri atau virus), maka harus diberi antibiotik atau antivirus, menghindari penyebab iritasi, dan mendapat pengobatan tambahan lain, seperti antinyeri dan antiradang. Namun, jika radang tenggorokan disebabkan oleh hal lain, maka harus diberikan pengobatan sesuai dengan penyebabnya.

 

Radang tenggorokan kronis biasanya berlangsung lebih lama jika dibanding radang tenggorokan akut. Proses pengobatannya pun tentu lebih lama, namun ini bervariasi, sebab bergantung pada apa yang menjadi penyebab dari radang tenggorokan.

 

Radang tenggorokan kronis dipicu dari faktor lain di luar tenggorokan. Pemeriksaannya hampir serupa radang tenggorokan akut, hanya dokter akan melakukan pemeriksaan lebih luas, untuk mencari tahu faktor-faktor pemicu yang bisa berasal dari lingkungan sekitar atau malah dari dalam tubuh.

 

Meski tergolong penyakit yang umum, tetap saja radang tenggorokan memberikan ketidaknyamanan pada penderitanya. Agar bisa terhindar dari kondisi ini, ada cara yang bisa Anda lakukan, yakni:

 

  • Istirahat yang cukup, rajin berolahraga, dan selalu jaga asupan makanan dengan gizi seimbang.
  • Menjaga selalu kebersihan makanan dan alat-alat makan yang digunakan.

 

  • Menjaga jarak dengan orang yang menderita radang tenggorokan, agar menghindari paparan bakteri atau virus yang bisa menyebabkan infeksi.

 

  • Menghindari hal-hal yang bisa mengiritasi, dan menghilangkan sumber infeksi dengan mengobati penyakit lain yang diderita sebelumnya, seperti sakit lambung, sakit gigi, sinusitis, dan lain-lain.

 

Menjaga gaya hidup dan pola makan sehat, sangat penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, sehingga Anda bisa terhindar dari segala macam penyakit.

(Article By Claudia Ramadhani; www.siloamhospitals.com dan Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-penyebab-dan-cara-menghindari-radang-tenggorokan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close