Kesehatan

5 Hal Bisa Usir Kelelahan Akibat Begadang

 (health.detik.com)-JAKARTA; Mengawali hari pertama Tahun baru atau kegiatan lain yang mengharuskan begadang, harus dilakukan dengan hal-hal positif, termasuk saat bangun tidur.

 

Meski semalaman lelah melakukan pesta barbeque (BBQ) bersama teman dan keluarga, bukan alasan bermalas-malasan saat bangun tidur. Bermalasan saat bangun tidur hanya  membuat Anda merasa semakin tidak bertenaga dalam menjalani hari pertamamu di awal tahun.

Apalagi jika Anda memiliki banyak resolusi sehat di tahun baru. Tidak ingin kan resolusi Anda gagal di hari pertama? Jika menunda bangun tidur, semua aktivitas bisa tertunda dan terasa berat untuk menjalani hari pertama di awal tahun ini.

 

Berikut rangkuman detik.com dari beragam sumber untuk membuat badanmu terasa lebih segar saat bangun tidur:

 

1-Jangan pencet tombol Snooze pada alarm

Dengan memencet tombol snooze di alarm-mu, itu artinya Anda menunda bangun. Sebaiknya dihindari, karena menunda bangun tidur membuat tubuh makin lemas dan nggak bertenaga menjalani hari. Jangan mematikan alarm dan memilih kembali menarik selimut. Cobalah bergegas bangun dari tempat tidur, dan bersemangat untuk menjalani hari baru di awal tahun.

 

2-Jangan lewatkan Sarapan

Mungkin sebagian orang terbiasa melewatkan sarapan. Faktanya, melewatkan sarapan malah akan membuat tubuhmu terasa lemas dan tak bertenaga. Sebagian orang belum menyadari, ketika bangun tidur tubuh perlu asupan.

 

Asupan sarapan sebagai sumber energi utama untuk menjalani harimu. Maka dari itu, meskipun tidak memiliki nafsu makan, kamu wajib sarapan. Namun, hindari gorengan dan asupan karbo terlalu banyak, bisa-bisa malah membuat kamu mengantuk seharian.

 

 

3-Usir rasa lelah dengan ber-OR

Sebagian orang bangun tidur dengan rasa lelah. Namun jangan biarkan rasa lelahmu dengan menunda bangun tidur. Cobalah untuk melakukan olahraga ringan.

 

Olahraga bisa menjadi solusi terbaik untuk membantu kamu lebih semangat dalam beraktivitas. Tubuh terasa lebih segar dan olahraga dapat membantu suasana hatimu jadi lebih baik.

 

4-Langsung minum segelas air

Minum segelas air saat perut masih kosong diakui punya manfaat kesehatan. Selain itu rasa segar yang menjalar dari kerongkongan ke perut akan membuat kamu lebih mudah terjaga.

 

Ada baiknya sebelum tidur siapkan segelas air di samping tempat tidurmu, agar saat bangun tak ada alasan untuk tidak minum karena harus berjalan dulu ke ruang makan untuk mengambilnya.

 

5-Pikirkan sesuatu yang menyenangkan

Jika kamu terbangun dengan membayangkan harus berangkat ke tempat kerja yang tidak kamu suka, atau menemui bos yang membuatmu semakin merasa malas menjalani hari, bisa dipastikan kamu tak akan bangun tidur dengan perasaan bahagia.

 

Cobalah memikirkan sesuatu yang menyenangkan dan mengasyikan yang bakal kamu lakukan di hari itu. Misalnya rencana bertemu dengan teman-teman sepulang kantor.

 

(frp; frp;  Nafilah Sri Sagita; Bahan dari : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4842309/5-hal-ini-bisa-usir-kelelahan-akibat-begadang-saat-malam-tahun-baru)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close