Iptek dan Lingk. Hidup

6 Startup Paling Heboh Tahun 2019(1/3)

(teknologi.bisnis.com)-JAKARTA;  Startup atau perusahaan rintisan jadi topik hangat yang dibahas tahun 2019, meski mulai muncul rumor bakal ada bubble startup seperti ketika bubble dotcom pada 2000-an. Selaras dengan itu, ada 6 startup yang heboh dibahas di Indonesia sepanjang 2019.

 

Unikorn dan Dekakorn jadi topik utama startup terheboh sepanjang-2019. Gojek yang resmi menjadi startup dengan valuasi lebih dari US$10 miliar dan OVO yang menjadi Unikorn kelima Indonesia setelah valuasinya tembus US$1 miliar menjadi pembahasan sepanjang tahun ini.

 

Tak hanya soal valuasi, founder-founder startup yang diajak Presiden Indonesia Joko Widodo bergabung ke timnya pun ramai dibahas. Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

 

1-Gojek

Gojek bisa dibilang jadi startup yang paling banyak dibahas sepanjang-2019. Setelah, Gojek resmi ekspansi ke Asean pada tahun lalu, kini mereka membuat gebrakan dengan menjadi dekakorn alias startup dengan valuasi di atas US$10 miliar.

 

Gojek resmi jadi dekakorn setelah mendapat pendanaan seri F dari beberapa investor seperti, PT Astra International Tbk., Mitsubishi Grup, Visa, AIA Indonesia sampai Siam Commercial Bank. Perusahaan yang awalnya fokus pada sektor transportasi itu dikabarkan bakal tutup pendanaan seri F pada Januari 2020.

 

Tak hanya soal valuasi yang melejit jadi US$10 miliar, Gojek juga sempat viral gara-gara rencananya ekspansi ke Malaysia. Viralnya bukan karena Gojek resmi mengaspal di Negeri Jiran, tapi pemilik Big Blue Taxi, perusahaan asal Malaysia, yang berkomentar negatif terkait rencana ekspansi Gojek ke negara itu.

 

Teranyar, dari catatan Bisnis.com pada November 2019, Gojek disebut telah mendapatkan lampu hijau untuk ekspansi ke Malaysia.

 

Selain itu, nama Gojek kian jadi perbincangan setelah pendiri sekaligus CEO, Nadiem Makarim, diangkat menjadi Mendikbud oleh Joko Widodo. Dengan status menteri itu, Nadiem pun harus angkat kaki dari Gojek dan posisinya digantikan oleh Andre Sulistyo dan Kevin Aluwi.

 

(Oliv Grenesia; Editor : Surya Rianto;  Bahan dari : https://teknologi.bisnis.com/read/20191226/266/1184566/enam-startup-paling-heboh-sepanjang-2019)-FatchurR * Bersambung……..

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close