Kesehatan

3 Jenis Zat Yang Pengaruhi Tekanan Darah

 (1health.id)-Tekanan darah jadi salah satu cara mengetahui kondisi tubuh. Pengukuran tekanan darah itu tanda vital tubuh selain nadi, laju napas dan suhu. Tekanan darah diungkapkan dalam dua angka yaitu perbandingan atau rasio.

 

Tekanan darah bisa berubah dari menit ke menit, tergantung pada postur tubuh, aktivitas, stres dan pola tidur seseorang. Selain itu, terdapat tiga jenis zat gizi yang juga memengaruhi tekanan darah, yaitu:

 

1-Kalium

Anjuran asupan kalium dengan fungsi ginjal yang normal, sekitar 3,5 gram per hari. Kalium bisa didapat dari berbagai jenis bahan makanan seperti buah-buahan segar : Pisang, kiwi, avokad, dan kacang-kacangan. Pada penderita tekanan darah tinggi, pemberian kalium biasanya dalam bentuk suplementasi.

 

2-Kalsium

Pemberian kalisum berbentuk suplemen bermanfaat dalam menurunkan tekanan darah. The Seventh Report of the Joint National Committee on Prevention, Detection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure atau JNC 7 menganjurkan, untuk memenuhi kebutuhan kalsium dari buah-buahan, sayuran dan susu rendah lemak sebagai langkah pencegahan dan mengatasi hipertensi.

 

3-Magnesium

Magnesium merupakan penghambat yang cukup kuat pada kontraksi otot polos pembuluh darah sehingga memberi peran pada regulasi tekanan darah. Pada sebuah penelitian, ditemukan terdapat hubungan terbalik antara asupan magnesium dengan tekanan darah. Magnesium dapat diperoleh dari sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian dan sereal.

(Article By Bebby Sekarsari; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/3-jenis-zat-gizi-yang-pengaruhi-tekanan-darah-2.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close