Aku cinta Indonesia

Tugas Eselon III Dan IV Akan Diganti Dengan AI

(cnnindonesia.com)-Jakarta, Presiden Joko Widodo menilai tugas yang diemban Eselon II dan IV dapat digantikan Komputer melalui Kecerdasan buatan AI. Hal itu untuk menyederhanakan birokrasi besar-besaran dari empat level menjadi dua level.

“Sekarang kita banyak sekali eselon I, II, III, IV, yang III dan IV akan kita potong. Saya sudah perintahkan juga ke MenPAN-RB diganti dengan AI (Artificial Intelligence),” tutur Jokowi dalam acara 100 CEO Forum Kompas di Jakarta pada Kamis (28/11).

Berdasar keterangan Badan Kepegawaian Negara dan Kemen PAN-RB eselon merupakan jenjang hirarki jabatan struktural. Hirarki itu terbagi menjadi empat yaitu jabatan eselon I, eselon II, eselon III, dan eselon IV. Lantas, apa saja tugas dan fungsi eselon III dan IV?

 

Eselon III merupakan struktur lapis ketiga yang terbagi menjadi dua jenjang yaitu eselon IIIA dan eselon IIIB. Secara pangkat eselon III berpangkat Pembina atau Penata. Jenjang pangkat bagi eselon III adalah Golongan III/b hingga Golongan IV/d.

Di tingkat pusat atau kementerian, pejabat eselon III bertugas sebagai Kepala Bagian, Kepala Bidang dan pejabat setingkat lain. Di tingkat daerah atau provinsi, pejabat eselon III menduduki posisi Sekretaris Badan, Sekretaris Dinas, Kepala Bidang, Kepala Bagian, dll.

Eselon IV merupakan jabatan yang merupakan struktur lapis keempat yang dibagi atas dua jenjang yaitu eselon IVA dan eselon IVB. Jenjang pangkat terendah bagi pejabat eselon IV adalah Golongan III/b dan tertinggi Golongan III/d. Eselon III berpangkat Penata yang sudah cukup berpengalaman.

Baik di tingkat pusat maupun daerah, pejabat eselon IV biasanya memegang posisi Kepala Sub Bagian dan Kepala Seksi.

 

(sfr;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20191129175837-532-452767/tugas-eselon-iii-dan-iv-yang-diganti-jokowi-dengan-ai)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close