Kesehatan

5 Cara Untuk Mengatasi Kulit Gatal

 (1health.id)-Seperti biasanya setiap saya Senam rutin binaan Yakes Telkom, kadang saya sempatkan saling tukar informasi apapun. Salah satunya saya beberapa kali mendengarkan keluhan sahabat senam mengalami Kulitnya gatal dan gak hilang walau sudah dapat obat dari Poliklinik. Saya ingin mencoba menyajikan sajian tentang Kulit gatal dari sumber berikut ini.

 

Kulit gatal sering membuat seseorang tidak nyaman. Kulit yang gatal dengan tanda lecet, kulit memerah, mengelupas, hingga bengkak, merupakan gejala dermatitis. Dermatitis disebabkan oleh berbagai macam penyebab, seperti kuman, iritasi, atau alergi.

 

Kulit gatal tidak terlalu berbahaya dan menyebabkan gangguan kesehatan serius. Namun, kulit gatal dapat mengganggu kenyamanan dan aktivitas Anda sehari-hari. Segera atasi kulit gatal dengan beberapa cara mudah berikut ini.

 

1-Gunakan produk antigatal

Beberapa produk antigatal dapat Anda beli tanpa resep. Produk antigatal yang berbentuk krim atau bedak, bisa Anda dapatkan di apotek. Gunakan produk antigatal sesuai dengan anjuran yang terdapat dalam label kemasan. Baca juga kontraindikasi bila ada. Informasi itu penting untuk mencegah kemungkinan efek samping yang bisa terjadi.

 

2-Kompres air dingin

Kompres air dingin di area yang gatal juga dapat mengurangi rasa gatal. Anda juga dapat menutupi area yang gatal dengan kain lembut untuk melindunginya dari goresan.

 

3-Mandi air dingin

Mandilah dengan menggunakan air dingin. Anda dapat menambahkan baking soda, atau oatmeal ke dalam bak mandi Anda. Sebelumnya haluskan dulu oatmeal yang ingin digunakan, kemudian taburkan ke dalam bak mandi.

 

4-Jangan menggaruk

Menggaruk kulit yang gatal hanya akan memperparah keadaan. Menggaruk juga akan membuat kulit Anda terasa semakin gatal. Tutuplah area kulit yang gatal dengan kain. Potonglah kuku Anda dan gunakan sarung tangan pada malam hari, agar tidak menggaruk saat tertidur.

 

5-Gunakan pakaian berbahan Katun

Pakaian berbahan katun dapat mencegah iritasi di area kulit yang gatal. Pakaian berbahan katun juga mudah untuk menyerap keringat. Keringat berlebih seringkali menjadi sarana perkembangbiakan kuman yang menjadi penyebab gatal.

 

Kelima cara di atas bisa Anda terapkan untuk kulit gatal akut. Bila kulit gatal secara berkepanjangan atau kronis, bahkan menimbulkan luka atau iritasi, Anda sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu Anda akan mendapatkan penanganan yang tepat sehingga dapat menjalankan aktivitas kembali.

 

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/5-cara-mengatasi-kulit-gatal.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close