Kesehatan

5 Kebiasaan Bisa Menyebabkan Kegemukan

(1health.id)-Suatu hari seorang sahabat yang sama ikut Senam rutin P2Tel binaanYakes, menyatakan bahwa dia sudah lama aktif ikut senam. Namun kenapa ya, kok berat badan saya masih kelebihan ?

 

Anda juga mengalami hal yang sama?, monggo ikuti artikel dibawah ini yang saya sarikan dari suatu sumber . Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan tiap orang. Tapi banyak orang yang merasa tubuhnya mudah gemuk. Padahal selama ini mereka merasa telah menerapkan hidup sehat.

 

Kegemukan memang bukan hanya disebabkan oleh malas bergerak atau makan makanan berlemak saja. Ada kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari dapat menyebabkan terjadinya kegemukan, yaitu:

 

1-Makan di piring yang besar

Saat makan pakai piring besar, Anda cenderung akan makan dengan porsi banyak. Hal ini seringkali tidak disadari. Dengan asupan makanan yang lebih banyak, maka semakin banyak juga jumlah kalori yang masuk ke tubuh. Cobalah mengubah kebiasaan Anda ini, dengan makan pakai piring yang lebih kecil.

 

2-Makan sambil menonton TV

Makan sambil menonton TV membuat Anda lebih lama merasa kenyang. Sehingga tanpa sadar Anda akan menambah porsi makan Anda. Saat nontonTV, Anda akan lebih fokus pada tayangan yang Anda saksikan, bukan pada makanan yang dikonsumsi. Cobalah hilangkan kebiasaan ini, dan lakukan makan di meja makan dengan fokus penuh.

 

3-Tidak Sarapan

Banyak orang menganggap, melewatkan sarapan adalah cara terbaik menurunkan berat badan. Padahal bila Anda lewatkan sarapan, maka Anda akan makan lebih banyak saat jam makan siang. Ini seringkali tidak terpikirkan. Jadi, sesibuk apapun kegiatan Anda, sempatkanlah untuk sarapan setiap hari.

 

4-Mengonsumsi Salad

Bahan yang terdapat di dalam salad, mengandung serat yang dapat menjaga berat badan Anda. Tapi, orang sering lupa memerhatikan dressing saladnya. Beberapa dressing salad, seperti  mayonnaise  atau  thousand island, justru dapat menambah berat badan Anda.

 

5-Makan setelah Olah Raga

Berolahraga itu baik untuk membakar kalori. Tiap orang disarankan ber-OR 5x seminggu. Tapi kalori yang terbakar saat ber-OR tidak berarti apa-apa bila Anda makan setelah berolahraga. Yang dimaksud adalah makanan mengandung lemak dan kalori tinggi, yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/diet-dan-nutrisi/5-kebiasaan-ini-dapat-menyebabkan-kegemukan.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close