Aku cinta Indonesia

Ex Camp Vietnam Di Batam Jadi RS Corona Untuk 1000 Pasien

(cnnindonesia.com)-BATAM; Rumah Sakit Khusus penyakit menular akan dibangun di Pulau Galang. Targetnya bisa menampung  1.000 pasien penyakit menular termasuk terjangkit Virus Corona.

Hal itu diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat meninjau lokasi tempat pembangunan RS tersebut, ex camp Vietnam, Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (4/4). Di gerbang lokasi ini, tertulis Kawasan Wisata P. Galang (Ex Camp Vietnam).

 

“Rencananya kita akan bangun atau merenovasi berkapasitas 1.000 pasien. Selain itu kita siapkan ruang isolasi sesuai aturan kesehatan 2% dari jumlah kamar itu,” kata Hadi kepada wartawan. “Jadi kita akan siapkan ruang isolasi 50 kamar,” ujarnya lagi.

Hadi meninjau lokasi pembangunan RS bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, menindaklanjuti rencana pemerintah yang disampaikan Presiden Jokowi, membangun RS untuk penyakit menular di Pulau Galang.

Bangunan bekas pengungsian Vietnam ini bekas penampungan pencari suaka asal Vietnam yang kini difungsikan sebagai tempat wisata sejarah. Lokasinya berjarak 1,5 jam dari pusat Kota Batam.

Panglima TNI, Menteri PUPR dan rombongan tiba di lokasi 10.30 WIB. Mereka tinjau lokasi bekas RS yang ada di eks kamp Vietnam dan lokasi lainnya. Rombongan berada di lokasi satu jam. “Pulau Galang ini yang kita pilih, selain kita punya tempat observasi di Natuna,” katanya.

 

Pemerintah akan merenovasi bangunan bekas RS yang masih ada. Bangunan di dalam kawasan ex camp Vietnam ini berdiri kokoh dan  perlu perbaikan di beberapa bagian. Usai meninjau, Panglima TNI, Menteri PUPR dan rombongan langsung meninggalkan lokasi sekitar 11.30 WIB.

Pembangunan RS khusus penyakit menular di Pulau Galang ini salah satu respons dari pemerintah pada virus corona.  (les/wis;  Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200304124621-20-480415/ex-camp-vietnam-di-batam-jadi-rs-corona-1000-pasien)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close