Iptek dan Lingk. Hidup

Rilis 3 Aplikasi Baru Untuk Penyandang Disabilitas

(tekno.kompas.com)- Memperingati Global Accessibility Awareness Day (Hari Kesadaran Aksesibilitas Global), Google memperkenalkan rangkaian aplikasi baru bagi penyandang disabilitas. Aplikasi ini hadir untuk mempermudah penyandang disabilitas dalam mengoperasikan smartphone.

 

Ada tiga aplikasi yang diperkenalkan, yakni Action Blocks, Transkripsi Instan, dan Amplifier Suara. Ketiganya sudah tersedia dan dapat diunduh pengguna melalui Google Play Store.

 

“Hari ini kami umumkan fitur baru yang diharapkan membawa perubahan di kehidupan masyarakat di dunia khususnya penyandang disabilitas,” kata Brian Kemler, Product Manager Android Accessibility Google dalam sesi conference call, (20/5/2020).

 

1-Action Blocks

Aplikasi ini hadir untuk membantu penyandang disabilitas saat beraktivitas hariani melalui smartphone-nya. Dengan fitur Action Blocks, penyandang disabilitas dapat menempatkan ikon layanan yang sering digunakan pada ponselnya dan ditempatkan pada layar utama.

 

Mereka bisa menempatkan kontak yang biasa dihubungi. Jadi lebih mudah saat menghubungi kerabat dan tak perlu cari nomor secara manual. “Kami ingin memberi kemudahan bagi penyandang disabilitas kognitif untuk berkegiatan harian di Android, mulai menghubungi kerabatnya melalui panggilan video” ujar Ajit Narayanan Software Engineer & Technology Lead Action Blocks Google.

 

2-Transkripsi Instan

Aplikasi ini menyajikan teks berbentuk audio yang dapat membantu penyandang disabilitas memahami percakapan. Fitur ini dapat menyimpan secara manual nama orang, nama benda, nama alamat, atau kata-kata yang sering diucapkan. Bila kata-kata itu disebutkan, nantinya ponsel akan bergetar otomatis.

 

“Kami meluncurkan Transkripsi Instan yang menyajikan teks dari audio gratis yang memudahkan para penyandang disabilitas saat melakukan percakapan sehari-hari,” jelas Brian Kemler, Product Manager Android Accessibility Google.

 

3-Apmplifier Suara

Amplifier Suara hadir untuk menghasilkan audio di smartphone lebih jernih dan dapat memperkeras suara yang lemah. Pengaturan audio juga dapat disesuaikan kemauan pengguna. Aplikasi ini bermanfaat untuk pengguna dengan kemampuan pendengaran yang lemah.

 

“Amplifier Suara diluncurkan untuk membuat audio di smartphone Android lebih jernih dengan memperkeras suara lemah tanpa membuat suara keras jadi lebih keras,” jelas Brian Kemler. Tak hanya itu, fitur ini dapat dimanfaatkan secara portabel melalui headphone Bluetooth sebagai alat untuk memperkeras suara dari aplikasi pihak ketiga seperti YouTube dan Spotify.

(Artikel ini telah tayang diKompas.com dengan judul “Google Rilis 3 Aplikasi Baru untuk Penyandang Disabilitas”, Penulis : Conney Stephanie; Editor : Yudha Pratomo;  https://tekno.kompas.com/read/2020/05/22/11340057/google-rilis-3-aplikasi-baru-untuk-penyandang-disabilitas)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close