Kesehatan

Penyebab Darah Kental Dan Pencegahannya(3/3)

(alodokter.com)- Cegah Terjadinya Penggumpalan Darah

Mengingat banyaknya gangguan yang dapat terjadi akibat darah kental, akan lebih baik jika pencegahannya dilakukan sejak dini.

 

Berdasarkan faktor risikonya, terdapat beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mencegah darah kental menggumpal, yaitu:

 

1-Hindari duduk dalam jangka lama

Berada di posisi yang sama (terutama duduk atau berbaring) lama menyebabkan darah menggumpal. Gumpalan darah ini akan terbentuk di tungkai, lalu menyebar ke organ lain dan menyebabkan sumbatan pembuluh darah di organ itu. Untuk itu, bergeraklah atau peregangan setiap satu hingga dua jam.

 

2-Minum air putih yang cukup

Dehidrasi dapat membuat pembuluh darah menyempit dan darah mengental, sehingga meningkatkan risiko penggumpalan darah. Jadi, pastikan Anda minum air putih setidaknya 8 gelas atau 2 liter/hari.

 

3-Jalani gaya hidup sehat

Ubah gaya hidup jadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan sehat, turunkan berat badan berlebih, berolahraga teratur, hindari asap rokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan rutin memeriksakan kesehatan ke dokter, maka risiko  penggumpalan darah akibat darah kental bisa dicegah. 

 

Selain itu, untuk mencegah darah kental menggumpal, Anda juga disarakan utnuk mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, buah-buahan, sayuran, dan makanan mengandung Vit-E

 

4-Mengonsumsi obat obatan.

Dokter dapat menyarankan Anda mengonsumsi obat pengecer darah. Obat ini diresepkan dokter jika Anda berisiko penggumpalan darah yang menimbulkan kerusakan organ, seperti penyakit jantung dan stroke. Obat ini mungkin juga diberikan pada orang yang baru dioperasi atau wanita hamil yang berisiko mengalami penggumpalan darah.

 

5-Mengenakan stocckong kompresi

Selain obat, dokter juga mungkin menyarankan Anda pakai stocking khusus untuk memperlancar aliran darah di tungkai. Stocking ini biasanya perlu bagi orang yang dirawat di RS dalam waktu lama, bepergian dengan pesawat terbang dalam waktu lama, atau wanita hamil.

 

Orang yang memiliki riwayat penyakit diabetes, deep vein thrombosis, dan varises juga biasanya akan disarankan dokter untuk menggunakan stocking ini.

 

Jika Anda berisiko mengalami darah kental, lakukan pemeriksaan kesehatan atau check up berkala ke dokter. Apabila hasil pemeeriksan itu menunjukkan Anda mengalami atau berisiko darah kental, dokter akan menentukan metode pengobatan dan pencegahan yang tepat, sekaligus menganjurkan hal hal yang bisa Anda lakukan di rumah untuk menjaga kesehatan Anda.

 

(Ditinjau oleh dr. Kevin Adrian; Bahan dari :  https://www.alodokter.com/penyebab-darah-kental-dan-cara-mencegahnya)-FatchurR * Tamat…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close