Kesehatan

Pertolongan Pertama Saat Terjadi Patah Tulang

(1health.id)-Sebagai pensiunan yang berumur diatas (55), acap kali kit dapat warning, hati hati jangan sampai jatuh. Namun warning tersebut sering terlupakan. Buktinya ada saja sahabat kita yang jatuh dengan berbagai alasan dan risiko yang mungkin saja berat. Berikut ikuti Tips jika sampai patah tulang.

 

Sebuah kecelakaan, seperti terjatuh atau kecelakaan kendaraan bermotor tidak menutup kemungkinan bisa berakibat patah tulang pada korbannya. Patah tulang atau fraktur cukup menyeramkan. Bisa terjadi di bagian tulang manapun, patah tulang harus diberi pertolongan pertama dengan tepat agar tidak memperparah keadaan.

 

Patah tulang dibagi 2, yaitu patah tulang terbuka dan  tertutup. Patah tulang terbuka, keadaannya bisa  serius. Sebab, pada kondisi ini tak hanya kulit saja yang sobek tapi juga patahan tulang yang menonjol ke luar kulit. Keadaan ini berisiko terhadap terjadinya infeksi dan kehilangan banyak darah. Sementara, patah tulang tertutup, tulang yang patah masih berada di bawah kulit dan tak ada robekan kulit.

 

Keduanya harus ditangani dengan benar, sebab penanganan yang tidak baik bisa memperparah keadaan korban. Bahkan, salah menangani fraktur pada bagian tulang tertentu bisa menyebabkan kerusakan organ lain seperti paru-paru, kandung kemih atau organ lainnya.

 

Pertolongan pertama yang bisa dilakukan untuk korban patah tulang:

1-Buka jalan napas, dan pastikan jalan napas korban tidak terhalang.

2-Bila patah tulang dengan jenis patah tulang terbuka, jangan mencoba untuk mengembalikan tulang ke dalam kulit atau membersihkannya. Gunting pakaian korban, lalu tutup luka perlahan dengan kain bersih (kain steril) atau perban. Tutup luka secara keseluruhan termasuk tulang yang menonjol ke luar.

 

3-Bila patah tulang tidak terbuka, pasang kayu atau benda apapun yang keras untuk mencegah kerusakan yang lebih parah pada tulang yang patah. Caranya, lilitkan kain bersih terlebih dahulu sebelum memasangkan kayu. Pasangkan kayu melewati dua sendi.

 

4-Segera hubungi paramedis atau ambulans untuk mendapat pertolongan lanjutan. Hindari mengangkat korban yang terluka di bagian kepala, leher, atau tulang belakang tanpa menggunakan tandu.

(Article By Rianti Fajar; Bahan dari : https://www.1health.id/id/article/category/sehat-a-z/ini-pertolongan-pertama-saat-terjadi-patah-tulang.html)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close