Wisata dan Kuliner

Puncak Igir Kandang Menawarkan Pemandangan 360 Derajat

(suaramerdeka.com)-PEMALANG; Terobosan baru di bidang pariwisata dilakukan Kades Clekatakan, Kecamatan Pulosari, Sutrisno. Kades mengeksplorasi potensi alamnya berupa bukit yang lahan bengkok milik desa. Di lahan 8 ha itu dijadikan wisata alam bernama Puncak Igir Kandang.

 

“Igir Kandang menawarkan pemandangan alam dengan view 360 derajat,”kata Sutrisno. Igir Kandang berada di ketinggian 3.500 meter di atas permukaan air laut. Baru dikelola resmi Minggu kedua Juni 2020. Namun wisata bukit ini sudah dikunjungi ribuan wisatawan dari Pemalang dll.

 

Wisatawan yang berkunjug bisa membawa kendaraannya sampai ke bukit, roda dua atau roda empat asal kendaraannya sehat. Akses masuk ke bukit berupa jalan tanah lantaran dalam tahap pembangunan.

 

Di puncuk Igir Kandang wisatawan bisa mendirikan tenda bila ingin lama menikmati pemandangan. Pengelola juga mengizinkan untuk menginap, bahkan menyewakan tenda untuk wisatawan. Suatu malam Minggu ada 90 tenda yang didirikan oleh wisatawan.

 

Dari atas puncak Igir Kandang wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Slamet yang berjarak 4 Km di sisi barat, di sisi timur ada pemandangan Bukit Mendelem yang jaraknya 5 Km. Di sebelah selatan ada Taman Bunga Kutabawa Purbaingga yang berjarak 2,5 Km. Suhu udara di Igir Kandang sangat dingin lantaran pada ketinggian ribuan meter. Siang apalagi malam disarankan mengenakan baju tebal.

 

Bupati Pemalang Junaedi saat ke lokasi menyarankan wisatawan patuh protokol kesehatan meski berwisata. Saat ada wisatawan tak pakai masker, Bupati menegurnya dan memberi masker gratis. “Igir Kandang Clekatakan Pulosari menawarkan pemandangan yang alami dengan view 360 derajat, silakan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Bupati di sela pengambilan gambar video di Igir Kandang.

 

Untuk menjangkau lokasi wisata ini dapat dilakukan dengan naik sepeda motor atau mobil pribadi sebab belum ada kendaraan umum yang menjangkau ke sana. Lokasi ini berjarak 50 km atau 1,5 jam dari alun-alun Pemalang ke selatan.

 

(Ali Basarah; Bahan dari : https://www.suaramerdeka.com/gayahidup/travel/232517-wisata-puncak-igir-kandang-tawarkan-pemandangan-360-derajat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close