Selingan

Saat Dibuka Uangnya Habis Dimakan Rayap

(regional.kompas.com)-Uang Rp 4 juta milik Sunardi (61), warga Kelurahan Putat, Kapanewon Patuk, Gunungkudul, Yogyakarta, rusak karena dimakan rayap. Uang itu disimpan Sunardi di rumah lama yang tidak dihuni lagi.

 

Cerita uang rusak yang dimakan rayap itu diceritakan Andri Purwanto, anak kandung Sunardi, di medsos. Peristiwa ini berawal saat Sunardi ingin beli bahan bangunan. Ia berencana membangun halaman rumahnya. Saat itu Sunardi mengambil uang miliknya yang disimpan di dalam tak plastik hitam. Namun, uang itu rusak dimakan rayap.

 

Uang 40 lembar uang Rp 100.00 itu tak bisa digunakan. “Saat dibuka uangnya habis dimakan rayap, total ada 40 lembar uang Rp 100.000,” ucap Andri saat dihubungi Kompas.com melalui telepon, (22/7/20). Andri berencana menukarkan uang itu ke salah satu bank di Kota Yogya.

 

Namun, pelayanan penukaran uang itu sedang tutup karena pandemi. Oleh Andri, uang yang rusak  disimpan dan akan ditukarkan jika layanan mulai dibuka. “Kemarin itu langsung ke Yogya, tetapi belum sampai masuk sudah diberitahu oleh satpam jika layanan penukaran uang sedang tutup,” kata dia.

 

Sunardi seorang petani. Ia tinggal di rumah anak keduanya yang berjarak 500 meter dari rumahnya yang kosong. DI rumah kosong itu, Sunardi menyimpan uangnya. Kejadian lupa menyimpan uang ini bukan pertama terjadi pada Sunardi. Beberapa bulan lalu, Sunardi pernah meletakkan uang di saku baju. Lalu, baju itu digunakan untuk membuat patung memedi sawah guna menakuti burung.

 

Beruntung, meski tersimpan beberapa hari di saku, uang itu masih ada. Tak hanya itu, Sunardi juga pernah menyimpan Rp 2,5 juga beberapa tahun hingga uangnya kedaluwarsa dan tidak berlaku lagi.

 

“Beberapa tahun lalu ayah saya menyimpan uang Rp 2,5 juta sampai kedaluwarsa, dan uang itu tidak berlaku lagi,” ucap Andri. Andri berencana membawa ayahnya ke Bank untuk menyimpan uang agar tidak ada lagi kejadian serupa. Cerita Sunardi lupa menyimpan uang hingga rusak dimakan rayap viral di medsos dan salah satunya diunggah di Instagram Radar Gunungkidul.

 

(SUMBER: KOMPAS.com; Penulis: Markus Yuwono | Editor: Khairina; Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul “”Saat Dibuka Uangnya Sudah Habis Dimakan Rayap””, Editor : Rachmawati; Bahan dari : https://regional.kompas.com/read/2020/07/22/15550051/saat-dibuka-uangnya-sudah-habis-dimakan-rayap?page=all)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close