Iptek dan Lingk. Hidup

Dosen IPB Buat Robot Penyiram Tanaman

(republika.co.id)- REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — IPB University mengembangkan inovasi robot penyiram tanaman. Inovasi ini dapat mengubah anggapan generasi muda tentang pertanian kuno jadi modern, menarik, dan menantang.

“Robot penyiram ini diuji di ‘greenhouse’ Departemen Ilmu Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam IPB University dengan hasil dapat menjalankan fungsi dengan baik,” kata dosen Departemen Ilmu Komputer IPB University Karlisa Priandana, melalui siaran pers, Jumat (11/9).

Robot penyiram tanaman dikembangkan Karlisa bersama mahasiswa Program Studi Teknik Komputer Sekolah Vokasi IPB University Friska Alvionita Gilda. RObot ini merupakan robot sederhana yang dilengkapi dengan navigasi line follower dan memanfaatkan sensor ultrasonik untuk mendeteksi keberadaan pot.

Robot ini dilengkapi pompa air yang dapat dikendalikan otomatis menyiram tanaman ketika mendeteksi keberadaan pot. “Robot ini diharapkan memudahkan petani modern dalam menyiram tanaman karena dilakukan otomatis dan jadi solusi masalah krisis regenerasi petani muda melalui etalase pertanian 4.0,” katanya.

Yang disebut pertanian 4.0 itu pertanian perkotaan cerdas dalam rumah kaca memakai robot dalam menyiram tanaman. Dia mengatakan pengembangan yang perlu dilakukan dari robot ini modifikasi beberapa komponen dan menambah ukuran badan robot. Hal ini agar robot mampu membawa tabung air yang lebih besar.

Selain itu, perlu penambahan mekanisme agar air dalam tabung dapat diisi secara otomatis dari penampungan atau keran air. Dengan begitu, robot bisa digunakan di lingkungan yang lebih luas.

“Kualitas dan spesifikasi komponen elektronik, terutama sensor garis juga perlu ditingkatkan agar dapat berfungfsi dengan baik di semua kondisi pencahayaan,” ucap dia.

 

Red: Dwi Murdaningsih; Bahan dari : https://republika.co.id/berita/qghlqg368/dosen-ipb-buat-robot-penyiram-tamanam)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close