Psikologi

Lima Makanan Mengandung Lemak Baik

(masakapahariini.com)- Kata “lemak” dikaitkan sepenuhnya dengan hal-hal merugikan kesehatan tubuh. Padahal lemak juga bermanfaat. Banyak makanan mengandung lemak yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa makanan yang mengandung lemak baik dan aman untuk dikonsumsi sehari-hari.

 

1-Keju

Makanan ini selalu jadi primadona para foodie di kota besar. Mulai ayam goreng sampai mie, laris manis saat diberi topping lelehan keju. Makanan olahan dari susu ini sangat bergizi. Diperlukan satu cangkir penuh susu untuk membuat satu iris keju murni.

 

Keju adalah sumber kalsium, vitamin B12, fosfor dan selenium. Keju, seperti produk susu berlemak tinggi lainnya, juga mengandung asam lemak yang memiliki bermacam manfaat. Salah satunya mengurangi risiko diabetes tipe 2.

 

Cara menyantap keju

Yang paling sehat itu keju feta. Keju asal Yunani ini aslinya dari susu domba, meski kini bisa ditemukan varietas lain dari susu kambing atau campuran dari susu domba dan kambing. Keju feta ada sejak berabad-abad dan masakan Yunani memakai keju feta sebagai bahan dasarnya.

 

Keju feta mempunyai tekstur yang mudah hancur, karakteristik ini membuatnya cocok disajikan bersama salad dan menjadi alternatif pengganti mozzarella pada pizza dan roti.

 

2-Telur

Telur dianggap biang kerok kolesterol karena kuning telurnya. Penelitian baru bahwa kolesterol dalam telur tidak mempengaruhi kolesterol dalam darah. Asalkan tidak dikonsumsi berlebih, kita bisa sarapan telur tiap hari.

 

Menurut ahli gizi, telur sarat vitamin dan mineral. Satu butir telur memiliki hampir semua nutrisi yang kita butuhkan. Selain lezat, telur itu protein yang akrab dengan budget semua orang. Ini contoh tepat makanan yang mengandung lemak namun baik untuk kesehatan.

 

Cara menyantap telur

Pusing dengan berat badan terus merayap naik setiap bulannya? Gantilah karbo dengan telur. Sebagai contoh makan siang, salad bersama potongan telur dan tempe untuk mengganti karbo. Jika budget lebih, belilah telur omega 3 dan santap satu butir sehari untuk sarapan, makan siang atau makan malam.

 

3-Kacang

Kacang mengandung lemak sehat dan memiliki serat berlimpah dan sumber protein nabati utama bagi  vegetarian. Kacang jadi penyebab jerawatan? Penyebab jerawat sebagian besar hormon, jadi tidak benar atau bikin berat badan melunjak drastis. Studi menunjukkan yang makan kacang cenderung lebih sehat, dan berisiko lebih rendah dari berbagai penyakit.

 

3-Cara menikmati  kacamg

Jenis kacang terbaik adalah almond, pistachio, walnut, atau kacang tanah. Sebagai sarapan, Anda bisa taburkan kacang pada bubur oatmeal atau menyantap roti gandum bersama satu sendok makan mentega yang terbuat dari kacang almond.

 

4-Ikan

Produk hewani yang sehat adalah ikan. Ingin lebih sehat lagi? Pilih ikan tinggi lemak seperti salmon, trout, mackerel, atau sarden. Selain dagingnya lebih gurih, lemak pada ikan itu jenis lemak omega 3 yang baik untuk jantung. Untuk menyesuaikan budget, setidaknya menyiapkan menu ikan sekali seminggu.

 

Cara menyan tapi kan

Semakin segar ikan, makin mudah mengolahnya. Bisa digoreng dengan sedikit minyak atau mengukusnya setelah dibaluri dengan berbagai bumbu. Yang budgetnya minimal, bisa menggunakan ikan salmon atau mackerel sebagai topping. Contohnya  bubur dengan suwiran ikan salmon di atasnya.

 

5-Alpukat

Alpukat, makanan tinggi lemak, 77% kalori di alpukat berasal dari lemak. Meski tinggi lemak, jangan  mencap sebagai makanan tidak sehat! Mayoritas lemak di alpukat itu asam oleic (asam lemak tak jenuh tunggal) yang baik. Tidak hanya lemak, alpukat juga sarat kalium dan vitamin esensial. Konsumsi alpukat setiap hari selama porsinya tidak melebihi asupan kalori harian yang disarankan.

 

Cara menyantap ikan

Ingin sarapan yang lebih bergizi? Coba tambahkan alpukat ke dalam ritual sarapan kamu. Salah satu caranya menambahkan potongan alpukat ke telur orak arik atau jadikan buahnya sebagai isian di dalam roti lapis lezat.

 

(Maddie;  Bahan dari  : https://www.masakapahariini.com/makanan-gaya-hidup/5-makanan-yang-mengandung-lemak-baik/?gclid=CjwKCAjw_Y_8BRBiEiwA5MCBJlW3vboFwby8oDOBm2fKjZmf7o3MJg0GR9KZO7Lmo6LLxLcTbs-YzxoCflYQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close