Kesehatan

Delapan Kebiasaan Memasak Ayam Yang Salah

(pop.grid.id)- Siapa yang tak suka olahan daging ayam?  Daging ini jadi bahan paling gampang ditemukan di pasar tradisional hingga pasar modern. Di Indonesia banyak makanan khas berbahan dasar daging ayam. Namun sepertinya banyak yang keliru mengolah bahan satu ini.

 

Jika tak ditangani hati-hati, daging ayam yang nikmat bisa jadi ancaman bagi kesehatan seisi rumah. Laman Reader Diggest, merangkum sederet kesalahan yang dilakukan saat mengolah daging ayam.

 

1-Membiarkan daging ayam terlalu lama

Banyak yang menaruh ayam di meja terlalu lama. Padahal, pada suhu kamar daging mengembangkan bakteri berbahaya. Jika dikonsumsi, bakteri yang dikembangkan itu berakibat penyakit bawaan alias mengakibatkan keracunan makanan.  Jadi, simpan ayam di lemari es segera usai berbelanja. Ambil ayam ketika akan memasaknya. Jika ayam dibekukan, cairkan di kulkas 2 hari sebelum dimasak.

 

2-Menyiimpan dengan cara yang salah

Daging ayam tak bisa sembarangan ditempatkan di suatu wadah, meski kita simpan di kulkas. Pasalnya, cairan dari daging bisa merembes di luar wadahnya, yang bisa mengontaminasi makanan lainnya. Sebaiknya, kita menyimpan ayam di atas piring. Lalu, tutup dan simpan di rak kulkas paling bawah.

 

3-Mencuci ayam sebelum  memasaknya

Sebaiknya, kita tidak mencuci ayam yang akan dimasak. Mencucinya, terutama dengan cara dibilas,  menyebabkan bakteri pada ayam menyebar dan melekat di permukaan sekitar. Jadi, lebih baik langsung menggorengnya atau memasaknya dengan suhu yang tepat.

 

4-Mmemberi bumbu  dengan cara yang salah

Membaluri ayam dengan bumbu jadi nikmat  sebagai cara mudah agar lebih empuk. Merendam dengan bumbu terlalu lama bisa tercemar bakteri. Bakteri tumbuh lebih baik di suhu hangat.  Jangan gunakan kembali bumbu yang tersentuh daging mentah. Rendam ayam dengan bumbu di kantong plastik atau wadah tertutup di kulkas. Buang wadah itu jika  selesai.

 

5-Pakai kembali alat yang telah bersentuhan dagung mentah

Jangan pernah pakai alat yang telah bersentuhan daging ayam mentah untuk memasak makanan lain.

Alat yang bersentuhan daging ayam mentah berisiko tercermar salmonella. Jadi, harus mencuci seluruh bagian yang telah bersentuhan dengan daging ayam usai memakainya.

 

6-Mencampur daging ayam mentah dengan bahan lain

Bagi yang bekerja di dapur kecil, menghemat tempat jadi hal yang wajib. Namun, menempatkan potongan daging ayam mentah di tempat yang sama dengan bahan makanan lain dapat membahayakan kesehatan. Bakteri pada daging ayam bisa menyebar dan mencemari bahan makanan lain.  Jadi, hindari menempatkan ayam mentah di dekat bahan yang belum dimasak.

 

7-Lupa mencuci tangan

Tangan jadi ‘alat’ terbaik memegang dan membumbui bahan makanan. Saar tangan kita bersentuhan dengan ayam, bakteri pada ayam akan menempel dan mencemari apapun yang kita sentuh. Hati-hati dan jangan sentuh apapun setelah memegang ayam mentah.

 

Setelah menyentuh ayam mentah, pastikan segera cuci tangan. Memastikan kebersihan, sebaiknya kita memegangnya dengan satu tangan. Dengan begitu, tangan yang lain bisa kita pakai menyentuh apa pun, seperti mengambil garam atau menyalakan air ketika dibutuhkan.

 

8-Mengabaikan kebersihan spons pencuci piring

Hati-hati saat mencuci peralatan yang bersentuhan daging ayam mentah karena tak cukup menjamin kebersihannya. Spons yang digunakan mencuci belum menunjang kebersihan karena bisa jadi sarang patogen dan bakteri berbahaya.

 

Apalagi, jika kita menggunakannya untuk mencuci alat yang telah menyentuh daging ayam mentah, maka risiko terkontaminasi bakteri lebih besar. Sebaiknya, bersihkan spons pencuci piring yang kita pakai setiap dua hari sekali, dan teratur membersihkan handuk piring yang kita pakai.

 

Kita bisa letakan spons cuci piring yang basah di bawah microwave dua menit untuk memastikannya bebas dari bakteri. Demi menjamin kebersihan, kita harus ganti spons dan kain pembersih setiap 2-3 minggu, tergantung seberapa sering alat-alat itu bersentuhan dengan daging unggas.

 

Memang terdengar merepotkan. Tapi, seiring berjalannya waktu kita akan terbiasa melakukannya. Demi memastikan kesehatan tubuh, sebaiknya kita tak boleh malas melakukannya. GridPop.ID (*)

 

(Arif B  None; Bahan dari : https://pop.grid.id/read/302399802/sering-disepelekan-8-kebiasan-memasak-ayam-ini-bisa-ancam-jiwa-seisi-rumah-salah-satunya-cuci-daging-sebelum-diolah?page=all)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close