Kesehatan

Jenis Sayuran Penyebab Asam Urat

(ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com)-Sayuran yang dikenal mengandung nutrisi bisa menyebabkan rasa nyeri akibat Asam Urat kambuh. Diketahui sayuran yang mengandung tinggi purin adalah salah satu penyebab kambuhnya penyakit Asam Urat atau penyebab tingginya Asam Urat.

 

Penyakit ini penyakit yang disebabkan penumpukan kristal Asam Urat yang terjadi pada sendi yang bisa menyebabkan rasa nyeri tak tertahankan. Biasanya, akibat mengkonsumsi makanan tinggi purin.

 

Tak hanya sayuran, beberapa jenis bahan makanan seperti daging merah, jeroan, makanan laut merupakan penyumbang terbesar purin di dalam tubuh. Untuk itu bagi penderita Asam Urat sebaiknya kurangi konsumsi makanan yang disebutkan di atas.

Seperti dikutip oleh ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com dari berbagai sumber, berikut Sayuran tinggi purin yang harus dihindari oleh pengidap Asam Urat.

 

1-Bayam

Bayam memiliki kandungan nutrisi diantaranya tinggi zat besi, vitamin C, luteins, beta-karoten dan flavonoid. Namun ternyata bayam mengandung tinggi kandungan purin yang menyebabkan kambuhnya penyakit Asam Urat. Kadar purin dalam 100 gram bayam terdapt 57 gram purin.

 

2-Kembang Kol

Kembang kol, Sayuran yang biasa dihidangkan dalam masakan sehari-hari. Meski tinggi nutrisi, kembang kol tinggi kandungan purin dan salah satu pantangan bagi pengidap Asam Urat. Menurut hasil penelitian kandungan purin di dalam 100 gram kembang kol berkisar di antara 51 gram kandungan purin.

 

3-Asparagus

Meski jarang ada di Indonesia, sayuran asparagus termasuk ke dalam jenis sayuran yang harus dihindari bagi pengidap Asam Urat. Kandungan purin di dalam 100 gram asparagus berkisar pada 23 gram.

 

4-Nangka dan Nanas

Selain sayuran, beberapa jenis  Buah harus dihindari oleh pengidap Asam Urat. Salah satu Buah yang harus dihindari dan tergolong Buah yang mengandung tinggi purin yaitu Buah nangka .

 

Tak hanya itu, penderita penyakit Asam Urat sebaiknya menghindari makan nanas pemicu kambuhnya penyakit Asam Urat. Hal itu lantaran nanas yang ada di dalam lambung akan difermentasi jadi alkohol yang bisa memicu timbulnya nyeri akibat Asam Urat. Seperti disebutkan di atas jenis-jenis sayuran dan Buah yang sebaiknya dihindari bagi pengidap penyakit.

 

Akan tetapi tidak perlu khawatir, masih banyak jenis bahan pangan terutama jenis sayur dan Buah yang bisa dikonsumsi oleh penderita Asam Urat, bahkan dianjurkan untuk dikonsumsi.***

 

(reporter/Editor: Ikfi Rifqi Arumning Tyas;  Bahan dari  : https://ringtimesbanyuwangi.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-17863104/4-jenis-sayuran-dan-buah-penyebab-asam-urat-yang-perlu-dihindari)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close