TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom Perpamsi Wujudkan Digitalisasi PDAM Di Indonesia

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Pandemi COVID-19 mendorong pelaku usaha dalam melahirkan beragam inovasi. Salah satunya kerjasama PT Telkom Indonesiadengan PDAM Kabupaten Bandung dalam mengimplementasikan digitalisasi melalui sistem billing terintegrasi, basis data yang terpusat, dan dashboard pengelolaan air.

 

Berlokasi di Pusat Pengolahan Air Minum Tirta Raharja, Cipageran, Cimahi, Jabar dilakukan uji coba implementasi solusi Smart Metering dari Telkom. Uji coba ini disaksikan Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara, Direksi Perumda Tirta Raharja, dan jajaran pengurus DPP Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (PERPAMSI) pada (18/9).

 

Dirut Perumda Tirta Raharja sekaligus Ketum PERPAMSI, Rudie Kusmayadi mengatakan menyambut baik solusi Smart Metering pengelolaan air ini. “Perumda Tirta Raharja menguji-coba teknologi Smart Metering berbasis IoT dari Telkom dan hasilnya memuaskan,” ungkap Rudi, sambil menunjuk screen dashboard yang menampilkan berbagai data terkait pengolahan air secara terintegrasi.

 

Rudie berharap implementasi dapat segera dilakukan bukan hanya di Tirta Raharja tetapi di seluruh PDAM anggota PERPAMSI di Indonesia. Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Edi Witjara usai menyaksikan uji coba itu menyatakan komitmen mendukung inovasi PERPAMSI dalam implementasi Smart Metering berbasis IoT.

 

“Telkom berkomitmen mendukung inovasi PERPAMSI memanfaatkan Smart Metering ini. Kami siapkan  solusi pakai network LoRaWan dan platform Antares, untuk menjamin keandalan solusi ini untuk layanan utilitas lain, seperti gas dan listrik,” jelas Edi yang didampingi EVP Divisi Business Service Telkom, Syaifudin dan EVP TReg- III Area Jabar, M. Khamdan. Telkom kini berhasil uji coba implementasi penuh (proof of concept) di PDAM Tirta Benteng Tangerang.

 

PERPAMSI, organisasi perusahaan air minum (PDAM) di Indonesia yang menghimpun badan/lembaga yang berhubungan erat bidang air minum, seperti Kementerian PUPR, Bappenas, dan lembaga donor untuk PDAM. Jumlah PDAM di PERPAMSI saat ini 427 PDAM tersebar di hampir tiap kota/kabupaten. Sesuai misinya, PERPAMSI berfungsi strategis dalam mendorong PDAM mewujudkan kinerja yang unggul.

 

Diharapkan melalui kerjasama Telkom-PERPAMSI yang meliputi layanan berbasis connectivity, managed solution seperti smart meter, leak detector system, pencegahan fraud, monitoring kualitas air dan command center mampu mendorong PDAM menjadi lebih efisien, maju, dan modern.

 

(dob/dob; Bahan dari  : https://www.cnbcindonesia.com/market/20200920171404-17-188061/telkom-perpamsi-wujudkan-digitalisasi-pdam-di-seluruh-ri)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close