Aku cinta Indonesia

Aplikasi Pedulilindungi Itu Resmi

(cnbcindonesia.com)-JAKARTA; Aplikasi PeduliLindungi yang dirilis oleh Kominfo untuk membantu masyarakat mengetahui keberadaan suspect atau zona-zona berisiko penularan virus corona (Covid) 19 dipastikan aman dari phishing dan malware.

Menkominfo Johnny G Plate memastikan keamanan aplikasi PeduliLindungi untuk digunakan dan data dari pengguna akan dihapus ketika pandemi ini juga berakhir.

“Aplikasi ini aman, data pribadi telah kami lindungi melalui keputusan menteri dan mewajibkan semua pihak yang mengelola aplikasi ini untuk menghapus keseluruhan datanya nanti, saat keadaan darurat kesehatan ini berakhir,” jelas Johnny, dalam konferensi pers, Sabtu (18/4/2020).

 

Johnny juga menghimbau agar masyarakat sesegera mungkin mengunduh aplikasi ini di smartphone agar dapat memaksimalkan fitur dan kemampuan dari aplikasi PeduliLindungi.

 

“Aplikasi ini dipastikan berguna untuk memastikan masyarakat mengetahui bahwa di lingkungannya ada potensi pembawa Covid 19 karenanya kami mengajak dan menghimbau masyarakat sekalian untuk sedapat mungkin secepat-cepatnya melakukan download,” jelas Johnny.

 

PeduliLindungi memiliki fitur aplikasi tracking yang dapat mendeteksi pergerakan terpapar Covid-19 selama 14 hari ke belakang. Aplikasi juga dapat terhubung dengan operator selular lainnya untuk menghasilkan visualisasi yang sama.

 

Berdasarkan hasil tracking dan tracing, nomor di sekitar pasien positif Covid-19 yang terdeteksi akan diberikan peringatan untuk segera menjalankan protokol kesehatan. Aplikasi ini juga digunakan untuk memonitor pendatang dari luar negeri dan pos lintas batas.

 

“Dari implementasi di lapangan terbukti bahwa smartphone yang sudah meng-install akan diberikan notifikasi saat yang bersangkutan berada di sekitar orang terpapar Covid-19 dan meminta menjauh tanpa tahu siapa yang terpapar sebagai aspek perlindungan data pribadi,” tulis Kemenkominfo pada siaran pers.

 

(tas/tas; Arif Budiansyah;  Bahan dari : https://www.cnbcindonesia.com/tech/20200420082913-37-152993/menkominfo-aplikasi-pedulilindungi-itu-resmi-aman)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close