Iptek dan Lingk. Hidup

Delapan Tantangan Besar Manusia 2050(1/3)

(analisadaily.com)- Masalah ter­besar yang dihadapi manusia saat ini peng­gunaan la­han untuk mengakomodasi populasi yang jum­lahnya me­ledak, masa depan energi nu­klir, jurang antara orang kaya, orang miskin dll.

 

Tapi bagaimana tan­ta­ngan besar yang akan dihadapi pa­da masa depan? Dalam 30 tahun lagi, masalah apa yang mung­kin ada dalam agenda dunia un­tuk dipecahkan? Tak mungkin mem­pre­diksinya, tapi kita bisa men­da­pat­ petunjuk dari  tren ter­kini dalam sains dan teknologi da­pat dimainkan. Berikut potensi ma­sa­lah besar yang akan dihadapi ma­nu­sia dimasa depan:

 

1-Modifikasi genetika manusia

Perdebatan para ilmu­wan mulai menggaung sejak-2019 karena tek­nologi baru yang me­mung­kinkan kita mengedit DNA manusia. Ini disebut Crispr dan ini cara meng­ubah DNA orang untuk meng­hilang­kan penyakit se­perti kanker.

 

Kedengarannya bagus. Tapi jika ada dampak etis gelap, dan berubah ­jadi proyek genetika meng­hasilkan ‘bayi yang didesain’, de­­ngan memilih embrio yang meng­hasilkan bayi cerdas dalam jumlah tertentu atau memiliki karakteristik fisik tertentu?

 

Meski belum ba­nyak untuk diper­tim­bangkan sebagai “tantangan besar”, ini kemajuan yang akan terjadi pasa masa men­datang dan ada akibatnya yang luas yang perlu diper­siapkan, itu banyak alasan untuk memastikan ahli keetikaan berada di tiap-tiap laboratorium, univer­sitas, dan perusahaan yang mungkin tidak sabar mengubah DNA kita.

 

2-Jumlah penduduk, manusia membengkak

Kita tidak hanya ber­gumul dengan fakta populasi dunia meledak – tapi orang juga hidup le­bih lama dari sebelumnya. Mana hebat – tapi semua warga lansia akan butuh pe­­rawatan. Faktanya, jumlah pen­du­­duk lan­sia akan mening­kat 50x – dari 500.000 saat ini ­jadi lebih 26 juta tahun 2100.

 

Dari Inggris, Je­pang hingga Tiongkok, ne­gara dengan jumlah pen­duduk usia lebih dari (65) jadi lebih biasa. Dalam dekade dekade ke de­pan, karena kenaikan itu ter­jadi, kita perlu pera­wa­tan le­bih baik para lansia (Jepang, mem­pertimbangkan penggunaan robot) dan kebijakan untuk me­mungkinkan lebih banyak imigran menggantikan tenaga kerja tua, dan kasus penu­runan tingkat kelahiran.

 

(es;  Bahan dari : BBC dan https://analisadaily.com/berita/arsip/2017/8/2/389310/delapan-tantangan-besar-manusia-pada-2050/)-FatchurR * Bersambung…….

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close