Hobi danKetrampilan

Keladi Berdaun Rimbun Dan Cerah Serta Batang Kokoh Berikut Triknya

(portaljember.pikiran-rakyat.com)-Keladi salah satu tanaman hias dengan daun unik. Banyaknya jenis Keladi, membuat corak daun jadi lebih beragam dan jadi daya tarik tersendiri.  Namun tanaman hias yang satu ini punya kekurangan, yaitu bisa tumbuh hanya 2-6 daun saja, dan batangnya tidak kokoh.

 

Untuk mengatasinya, gak usah khawatir karena ada solusinya. Dilansir PORTAL JEMBER dari Wawaorchid.com, berikut ini trik agar Keladi berdaun lebat, berwarna cerah dan  berbatang kokoh.

 

1-Trik agar  Keladi berdaun lebat

Trik agar Keladi berdaun lebat bisa dengan memotong pucuk yang pertama muncul. Potong pucuk hingga tersisa setengah ruas jari dari Keladi indukan. Dari pemotongan pucuk ini, akan muncul mata tunas lebih banyak dan bisa menghasilkan daun Keladi rimbun. Selain memotong pucuk, mencabut daun Keladi yang tua mampu membuat tanaman hias ini berdaun rimbun.

 

Cara terakhir dengan cara hormonal yakni penyiraman dengan hormon auksin, sitokinin, dan giberelin. Dosisnya pun cukup 10 ml dengan waktu penyiraman per harinya selama 10 hari. Fungsi hormon ini untuk memecah tunas, sehingga jumlah anakan akan banyak. Jika jumlah anakan banyak, maka daun tumbuh lebat.

 

2-Trik agar keladi berwarna cerah alami

Kurang pas jika Keladi lebat tapi warnanya pucat. Juga gak usah khawatir, karena ada trik yang bisa membuat Keladi cerah alami. Satu trik Keladi berwarna lebih cerah alami bisa dengan  penyungkupan pakai plastik trasnparan. Penyungkupan bisa secara individu atau masal dengan kurun 2-3 bulan.

 

Proses penyungkupan akan menaikkan kelembapan dan temperatur, dengan naiknya kedua hal ini maka proses metabolisme Keladi cepat dan warna Keladi lebih cerah alami. Yang mesti diperhatikan di proses ini, saat membuka penyungkupan. Karena kelembapan dan suhu di luar sungkup jauh lebih rendah, maka pastikan hati-hati membukanya. Jika tidak hati-hati, Keladi akan loyo.

 

Setelah sungkup dibuka, simpan Keladi di tempat ternaungi 2-3 hari. Agar kelembapannya terjaga, bisa ditambah tatakan berisi air di bawah pot atau menyemprot dengan air selama 2-3 kali sehari. Bisa juga memberi minyak ikan sebagai pupuk. Dosisnya 1 sendok makan per tanaman dengan waktu 1 bulan sekali. Pastikan pemupukan minyak ikan tak melebihi dosis karena membuat warna Keladi pucat.

 

3-Trik agar batang Keladi kokoh

Trik agar Keladi berbatang kokoh itu mudah, yakni tempatkan Keladi di bawah sinar matahari langsung.  Proses ini mengakibatkan daun Keladi rontok, namun daun Keladi akan tumbuh kembali dengan batang lebih pendek namun kokoh.

 

Berikan Keladi kalsium (kapur) agar batang lebih kokoh dan tahan serangan hama.  Cara ini agar batang Keladi kokoh adalah berikan paklobutrazol dengan dosis 1% saja. Itu trik yang bisa dilakukan agar Keladi  berdaun lebat, berwarna cerah dan berbatang kokoh. Dengan demikian Keladi lebih enak dipandang.***

 

(Intan Ratna Sari; Editor: Boy Nugroho; Sumber: Wawa Orchid; Bahan dari :   https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16899011/ingin-keladi-berdaun-rimbun-dan-cerah-serta-batang-yang-kokoh-lakukan-trik-berikut)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close