Selingan

Trik Mudah Bercocok Tanam Bagi Pemula Agar Tanaman Sehat Dan Subur

(portaljember.pikiran-rakyat.com)- Sejak pandemi, aktivitas yang diminati masyarakat di rumah yaitu Bercocok Tanam. Seiring hal itu, beberapa jenis tanaman mulai populer sampai dibanderol dengan harga fantastis tembus ratusan juta rupiah.

 

Bagi pemula, Bercocok Tanam tentu bukan hal yang mudah. Terlebih saat harus melakukan perawatan secara rutin agar tanaman tumbuh subur dan berbunga lebat. Oleh karena itu, jangan khawatir, simak tujuh tips mudah dan praktis dalam Bercocok Tanam bagi pemula dikutip PORTAL JEMBER dari laman Boldsky pada 12 Oktober 2020 berikut.

 

1-Pot Plastik

Dengan menggunakan pot plastik, maka ketika akan mengganti tanaman ke pot yang baru bisa langsung diletakkan ke bedengan tanaman dengan mudah.

Ini sangat membantu Anda untuk mengganti pot lama dengan yang baru setelah musim berganti.

Dengan begitu, tanah tetap akan terangkut dan tidak akan ada kekurangan nutrisi untuk tanaman baru.

 

2-Gunakan gabus penyumbat botol minuman anggur

Gabus penyumbat tanpa disadari bisa digunakan Bercocok Tanam. Dengan memakai gabus penyumbat ini sebagai tempat tumbuh tanaman kemudian ditanam ke dalam tanah, Anda sebenarnya memberikan kondisi yang jauh lebih baik bagi tanaman Anda untuk tumbuh.

 

3-Perlindungan Garpu plastik

Garpu plastik dapat digunakan untuk melindungi tanaman dari makhluk lain yang berpotensi merusak. Caranya mengikatkan beberapa garpu plastik di dalam dan di sekitar tanah. Ini akan dapat membentuk perlindungan bagi tanaman, namun pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak.

 

4-Gunakan Tanaman Hias

Kombinasi tanaman tertentu yang ditanam berdekatan ternyata cenderung menguntungkan satu sama lain. Oleh karena itu, dapat dicari tahu tanaman mana yang paling cocok jika ditanaman berdekatan.

 

 5-Reuse Water

Dengan Bercocok Tanam akan mampu memanfaatkan air sebaik-baiknya. Air sisa mencuci telur atau sayur dapat dimanfaatkan untuk menyiram tanaman. Secara alami, mendorong tanaman tumbuh lebih baik.

 

6-Jarak benih

Jarak ketika menabur benih penting diperhatikan dan diberi jarak cukup.  Tanaman yang tumbuh dengan jarak yang pas membuat  tanaman tumbuh lebih baik karena memperoleh nutrisi yang tepat. Tanaman yang ditanam terlalu dekat akan saling berebut nutrisi dengan yang lain sehingga tumbuh tidak optimal.

Selamat mencoba!***

 

(Nila Zulva Rosyda; Editor: Nila Zulva Rosyida; Bahan dari : Boldsky dan https://portaljember.pikiran-rakyat.com/gaya-hidup/pr-16823645/6-tips-dan-trik-mudah-bercocok-tanam-bagi-pemula-bikin-tanaman-subur-dan-sehat)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close