Iptek dan Lingk. Hidup

Ibu Kota Negara Baru Kandidat 5G Pertama Di Indonesia

(inet.detik.com)-JAKARTA; Meski belum ada tanda-tanda kapan layanan  5G akan digelar di Indonesia, pemerintah pastikan wilayah pertama yang mencicipi teknologi seluler teranyar itu di ibu kota negara baru.

 

Menkominfo Johnny G Plate mengungkapkan pemerintah sejauh ini melakukan uji coba 5G sebanyak 10 kali. Pengujian itu untuk mempelajari potensi aplikasi dan kasus penggunaan layanan 5G di Indonesia.

 

“Seperti pembelajaran jarak jauh melalui interaksi holografik, operasi jarak jauh, IoT untuk kota pintar, dan kendaraan otonom selama Asian Games 2018. Tahun 2020, Indonesia fokus uji coba ke-11 menjajaki kemungkinan koeksistensi antara jaringan 5G dan Fixed Satellite Service (FSS) di pita 3,5 GHz,” jelas Menkominfo, (10/12/2020).

 

Menkominfo mengatakan, Indonesia berupaya memanfaatkan secara optimal microwave link sebagai opsi kedua setelah kabel serat optik. “Karena frekuensi E-band yang tinggi (70-80 GHz) dan V-band (60 GHz) juga dapat melayani backhaul berkapasitas tinggi untuk layanan broadband,” ujarnya.

 

Penerapan teknologi 5G menuntut belanja modal besar, khususnya penyediaan small-cell densification 5G serta ekosistem digital canggih, dia ungkapkan ibu kota negara baru jadi kota kandidat terbaik dan potensial untuk menerapkan 5G pertama. “Selain dari kawasan industri dan area publik dengan lalu lintas tinggi yang mungkin juga dimungkinkan,” ungkapnya.

 

Menkominfo yakin teknologi 5G jadi game changer atau pengubah permainan berdampak luas pada konektivitas di Indonesia. Bahkan, jadi tulang punggung transformasi digital dan pendorong utama pertumbuhan ekonomi. “Kami percaya harus bekerja keras melaksanakan tugas besar mengadopsi teknologi baru, untuk meningkatkan produktivitas melalui jaringan 5G dalam waktu dekat,” ucapnya.

 

Menurut Johnny, saat ini digitalisasi dan konektivitas sudah memiliki pengaruh besar dalam meningkatkan kesetaraan peluang, akses dan inklusi, dan 5G akan mempercepatnya.

 

“Pemerintah menginisiasi kebijakan dan tindakan afirmatif mendorong percepatan pengenalan 5G di Indonesia,” pungkas politisi Partai NasDem ini.

(agt/fay; Agus Tri Haryanto; Bahan dari  : https://inet.detik.com/law-and-policy/d-5290457/ibu-kota-negara-baru-jadi-kandidat-5g-pertama-di-indonesia?tag_from=wpm_nhl_3)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close